Larangan Wanita Nifas

Selasa, 27 Agustus 2013 06:58

(c) shutterstock

Vemale.com - Nifas merupakan keadaan dimana wanita mengeluarkan darah setelah melahirkan dalam periode tertentu. Ladies, seperti layaknya wanita yang sedang haid, wanita yang mengalami nifas juga mempunyai beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan lho. 

Berikut ini hal-hal perlu diperhatikan oleh wanita yang sedang haid/nifas untuk tidak dilakukan, seperti dilansir islamicstudies.info:

1. Salat
Bagi wanita yang sedang haid/nifas tidak diperbolehkan untuk melaksanakan ibadah sholat, Ladies. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Ketika menstruasi/nifas, tinggalkanlah salat”.

2. Tawaf pada Ka’bah
Menurut sabda Nabi Muhammad SAW: Lakukan semua yang dilakukan orang yang sedang naik haji, tapi jangan bertawaf pada Ka’bah hingga Kau telah bersuci.”

3. Puasa
Aisha berkata: “ Ketika haid/nifas (semasa hidup Nabi Muhammad SAW) kami diperintahkan untuk mengganti puasa (saat Ramadhan) dan kami juga diperintahkan untuk mengganti salat)

4. Duduk di masjid
Wanita yang sedang haid/nifas dilarang untuk duduk di masjid atau bahkan tempat dimana dilaksanakannya salat Ied. Hal ini diperkuat oleh hadist: “Wanita perawan yang belum menikah dan wanita dewasa, wanita yang sedang haid diharuskan untuk keluar; namun wanita yang sedang haid tidak diperbolehkan mendekati Musallah-tempat salat.”

5. Hubungan suami istri (intim)
Suami tidak diperbolehkan melakukan hubungan intim dengan istrinya yang sedang haid/nifas, begitu juga istri dilarang untuk mengizinkan suaminya. Untuk hal ini dibutuhkan pengertian antara kedua belah pihak ya Ladies.

6. Membaca Al-Qur’an
Muhammad Salih Al-Uthaimin berpendapat: “ Lebih baik bagi seorang wanita yang sedang haid/nifas untuk tidak membaca Al-Qur’an secara lisan, kecuali dibutuhkan.” Namun mereka diperbolehkan untuk berdzikir, membaca hadist atau fiqih, atau berdo’a atau mengucapkan Amin kepada do’a orang lain atau mendengarkan orang membaca Al-Qur’an.

Lely Tri W.

(vem/ova)






ARTIKEL TERKAIT - KEHAMILAN
  • Kursus Senam Nifas di Rumah Sakit Hermina

    Selasa, 20 Mei 2014 11:44
    Senam nifas ini memang sedikit kalah populer dari senam hamil atau senam persiapan melahirkan. 

  • Perubahan Fisiologis Saat Nifas - Uterus

    Sabtu, 07 September 2013 19:18
    Masa Nifas atau istilah medisnya disebut perperium adalah masa setelah proses persalinan yang dibutuhkan tubuh untuk memulihkan alat kandungan dan biasanya berlangsung selama 6 minggu.

  • Hubungan Seks dan Masa Nifas

    Jum'at, 06 September 2013 20:00
    Nifas adalah darah yang keluar setelah proses melahirkan.

  • Makanan Pada Masa Nifas

    Rabu, 04 September 2013 21:44
    Selamat ya Ladies atas proses persalinannya.

  • Islam Terhadap Nifas

    Rabu, 04 September 2013 21:21
    Setelah melewati proses persalinan yang tidak hanya mengharukan namun juga menegangkan, kini Bunda masih harus menjalani yang namanya masa nifas.

  • Seks Semasa Nifas Dalam Islam

    Selasa, 03 September 2013 20:39
    Bagi anda yang beragama Islam, mungkin ada pertanyaan besar dalam kepala anda tentang seks semasa nifas. Apakah diperbolehkan?

  • Nifas Menurut Islam

    Minggu, 01 September 2013 18:09
    Ladies, apakah ada sudah mengetahui segala macam hal tentang nifas? Pengetahuan tentang nifas sangatlah perlu Anda pelajari agar Anda tidak merasa bingung pada saat mengalaminya. 

  • Hukum Hubungan Suami-Istri Saat Nifas

    Kamis, 29 Agustus 2013 21:06
    Ladies, tahukah Anda? Ajakan suami untuk berhubungan suami istri tidak boleh ditolak lho. Hal ini diperkuat oleh sabda Rasulullah SAW, seperti dilansir di mrizkypk.blogspot.com berikut ini.

  • Lewati Masa Nifas Dengan Lancar dan Aman

    Kamis, 29 Agustus 2013 20:42
    Setelah melahirkan, perempuan akan melewati masa nifas. Dilansir dari salafy.or.id, darah yang keluar dari rahim karena proses kelahiran disebut nifas. 

  • Apa Itu Darah Nifas?

    Selasa, 27 Agustus 2013 06:58
    Ladies, bagi anda yang sudah pernah melahirkan pasti familiar dengan darah nifas. Tapi bagi anda yang belum, ada baiknya anda menyimak ulasan berikut.

 1  2  3  4  Next 


    © 2003-2018 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.