Sukses

Beauty

Apa Itu Darah Nifas?

Ladies, bagi anda yang sudah pernah melahirkan pasti familiar dengan darah nifas. Tapi bagi anda yang belum, ada baiknya anda menyimak ulasan berikut. Karena bagi wanita, terutama wanita muslim, memahami tentang darah nifas adalah keharusan.

Seperti dikutip dari rumahfiqih.com, nifas berasal dari bahasa arab yang berarti darah. Sedangkan dari segi bahasa nifas dapat diartikan sebagai darah yang keluar dari rahim seorang wanita baik bersamaan dengan proses melahirkan maupun sebelum atau sesudah proses melahirkan. Selain itu, ada beberapa syarat lain lho, ladies, yang membuat darah disebut nifas.

Syarat lainnya menurut muslimah.or.id adalah darah yang keluar disertai dengan tanda-tanda akan melahirkan, seperti rasa sakit, yang diikuti dengan proses kelahiran. So, apabila darah yang keluar tidak diikuti rasa sakit, atau diikuti rasa sakit namun tidak diikuti dengan proses kelahiran, maka darah tersebut tidak bisa disebut sebagai darah nifas.

Juga, darah bisa disebut nifas apabila wanita tersebut melahirkan bayi yang sudah dalam bentuk manusia. Jadi, apabila ladies mengalami keguguran dan melahirkan janin yang belum dalam bentuk manusia, darah yang keluar tidak bisa disebut sebagai darah nifas, karena hanya dianggap sebagai darah istihadhah (darah penyakit) dan ladies diperbolehkan untuk melakukan sholat, puasa, atau ibadah-ibadah lain.

Well, sudah paham kan, ladies, apa itu darah nifas? Semoga bermanfaat!

Asizah

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading