Sukses

Parenting

Mitos dan Fakta Kehamilan Kembar

Di masyarakat, banyak beredar mitos seputar kehamilan, diantaranya mitos tentang kehamilan kembar. Berikut dua mitos dan fakta diantaranya, yang dirangkum nhs.uk:

1. Sering mengalami morning sickness(mual dan muntah) berarti anda hamil kembar
Faktanya, belum tentu. Meskipun banyak ibu hamil yang mengaku sering mengalami morning sickness, sebagian ibu yang hamil kembar tidak mengalami morning sickness. Beberapa ibu hamil mengalami morning sickness dan beberapa tidak, apakah mereka hamil kembar atau tidak.

2. Semua kehamilan pada mulanya adalah kehamilan kembar
Faktanya, tidak benar bahwa semua kehamilan dimulai dari kehamilan kembar. Namun, berkat scan awal kehamilan, ditemukan lebih banyak kehamilan dari yang kita duga, pada awalnya ada 2 sel telur yang dibuahi.

Ada kemungkinan jika anda menjalani scan sebelum usia kehamilan 12 minggu, anda akan melihat ada 2 detak jantung dan ada 2 jantung, tapi yang satu akan menghilag setelah 12 minggu. Hal ini disebabkan karena embrio gagal berkembang dan kemudian diserap oleh rahim. Hal ini disebut sindrom hilang kembar dan tidak berefek pada fifik bayi yang masih hidup.

Mungkin anda menduga anda mengandung lebih dari satu bayi jika perut anda tampak lebih besar dari yang seharusnya, ada generasi kembar di keluarga anda, anda menjalani treatmen kesuburan. Untuk memastikannya, apakah anda hamil kembar atau tidak, sebaiknya anda menjalani ultrasound scan pada usia kehamilan 8 sampai 14 minggu.

Handayani Rahayuningsih

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading