Sukses

Parenting

Bagaimana Merawat Kebersihan Saat Nifas?

Setelah melahirkan, rahim Bunda memerlukan proses pembersihan untuk kembali ke keadaan sebelum hamil. Proses ini dinamakan nifas. Sudah tahu, kan, Bunda? Proses ini bisa berlangsung hingga 6 minggu setelah melahirkan atau kurang lebih 40 hari. Pada masa ini, rahim akan terus mengeluarkan darah sebagai tanda bahwa pembersihan sedang berlangsung.

Banyak Bunda yang bingung mengapa darah saat nifas bisa sangat banyak sekali daripada darah saat haid normal. Bunda masih belum tahu bagaimana cara menghadapi nifas yang tepat karena banyak cerita atau saran yang berbeda-beda. Memang, masa nifas pada setiap wanita berbeda-beda. Untuk itu, babycenter.co.uk memberikan beberapa langkah standar untuk menjaga kebersihan diri selama nifas dan menghindarkan infeksi.

Bunda perlu menyediakan pembalut wanita dengan daya tampung ekstra dalam jumlah banyak. Karena ini proses pembersihan setelah kehamilan selama 9 bulan lamanya, wajar jika darah yang keluar lebih banyak daripada saat haid biasanya. Pembalut harus sering diganti hingga 5 kali sehari untuk kebersihan dan kenyamanan Anda sendiri. Jangan lupa selalu cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti dan membersihkan pembalut.

Setiap proses kelahiran pasti akan meninggalkan luka yang harus dijaga kebersihannya dengan seksama, baik itu melalui proses normal atau operasi Caesar. Maka dari itu, Bunda harus mandi minimal 1 kali sehari. Atau jika Bunda sudah mulai bekerja dan berkeringat seharian, disarankan untuk mandi minimal 2 kali sehari.

Selamat menikmati hari-hari merawat si kecil, Bunda!

Oleh:  Mazhi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading