Sukses

Parenting

Mengapa Merokok Membahayakan Kondisi Kehamilan?

Merokok dan kehamilan bukanlah kombinasi yang baik. Semestinya Anda menjaga kondisi kesehatan Anda dan janin selama masa kehamilan. Sedangkan merokok tidak termasuk dalam daftar menjaga kondisi kesehatan dan janin melainkan malah memberikan banyak dampak buruk.

Mengapa sih merokok bisa membahayakan kondisi kehamilan? Seperti dilansir oleh babycenter.com, merokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia yang membahayakan termasuk sianida, arang, dan komposisi lain yang sangat berpotensi meningkatkan resiko kanker dalam tubuh.

Ketika Anda merokok, bahan kimia beracun tersebut meresap pada darah dan terus mengalir dalam tubuh. Parahnya, bayi Anda mendapatkan oksigen dan nutrisi dari aliran darah tersebut. Dengan begitu racun-racun tersebut akan menjadi konsumsi bayi di dalam rahim Anda.

Keseluruhan bahan kimia tersebut tidak ada yang menguntungkan kondisi kesehatan. Bahkan dua komponen dari bahan kimia tersebut, nikotin dan karbon monoksida, sangatlah merugikan bagi bayi Anda. Dua bahan inilah yang bertanggung jawab akan terjadinya berbagai komplikasi yang muncul pada masa kehamilan, sebagaimana diungkapkan oleh seorang dokter dari Virginia, James Christmas.

Banyak komplikasi kehamilan yang dapat muncul seperti kelahiran prematur, kecilnya berat badan bayi, bahkan menimbulkan kematian. Hal ini dikarenakan nikotin dan karbon monoksida mengganggu suplai oksigen pada bayi Anda dengan cara mempersempit pembuluh darah pada tubuh Anda.

Dengan sempitnya pembuluh darah Anda, berarti sempit pula aliran udara si kecil. Belum lagi tingkatan oksigen yang terkandung dalam darah juga digantikan oleh karbon monoksida. Be wise, Ladies!

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading