Bayi Kembar? Tidak Perlu Bingung!

Kamis, 11 Juli 2013 09:27

(c) shutterstock.com

Vemale.com - Jika anda baru saja diberitahu oleh dokter anda bahwa anda sedang mengandung bayi kembar, anda mungkin akan merasa kaget, senang, dan bingung. Mungkin anda berpikir bagaimana anda akan menjalani kehamilan bayi kembar dan bagaimana merawatnya.

Seperti yang dijelaskan oleh pregnancy.org, kehamilan bayi kembar akan mengalami gejala-gejala kehamilan yang sama dengan kehamilan yang normal, namun gejalanya akan berlipat ganda. Berikut ini adalah gejala-gejala yang akan anda alami jika anda mengandung bayi kembar:

Nausea yang berlipat ganda

Banyak wanita hamil mengalami nausea atau mual dan muntah, yang sering juga disebut morning sickness. Jika anda terus-menurus mengalami mual dan muntah sampai selama 48 jam, anda harus menghubungi dokter anda. Dokter anda akan mencegah anda untuk mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan kelahiran prematur.

Ukuran yang berlipat ganda

Mungin ukuran kehamilan anda tidak terlalu berlipat ganda namun yang pasti, lebih besar. Gejala yang pasti pada kehamilan anak kembar adalah perut yang lebih besar. Namun anda harus menjaga berat badan anda agar ideal dan tidak kelebihan berat badan karena dapat menyebabkan kelahiran prematur. Karena perut anda akan tumbuh lebih besar dari kehamilan normal, anda akan merasa sedikit tidak nyaman.

Gerakan berlipat ganda

Wanita yang sedang hamil bayi kembar akan menerima banyak gerakan. Anda mungkin akan merasakan tendangan pada bagian depan dan belakang perut anda secara bersamaan. menyenangkan bukan?

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/tyn)






ARTIKEL TERKAIT - KEHAMILAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


© 2003-2018 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.