Sukses

Lifestyle

Isao Takahata Meninggal Dunia, Karya Animasi Terbaiknya Takkan Terlupakan

Isao Takahata, salah satu pendiri Studio Ghibli meninggal dunia di usia 82 tahun. Kabar duka ini meninggalkan kesedihan yang begitu mendalam, khususnya bagi para pecinta karya-karya animasi Studio Ghibli.

Dikutip dari nytimes.com, Isao wafat karena penyakit kanker paru-paru. Semasa hidupnya ia dikenal dengan karya-karyanya yang memberikan kesan mendalam. Salah satunya adalah Grave of the Fireflies. Masih begitu membekas dalam ingatan bagaimana perjuangan Seita dan adiknya, Setsuko untuk bisa bertahan hidup setelah konflik mendera negaranya. Dengan latar Perang Dunia II, film animasi ini menjadi salah satu film terbaik karya Isao Takahata.

Grave of the Fireflies./Copyright nytimes.com/GKIDS

Nama Hayao Miyazaki mungkin lebih terkenal daripada Isao Takahata. Bahkan Isao butuh waktu lebih lama untuk menyelesaikan film-filmnya dibandingkan Hayao. Namun, Isao dikenal dengan kerja kerasnya yang luar biasa. Terbukti dari karya-karyanya yang begitu indah dan selalu meninggalkan kesan yang mendalam.

Grave of the Fireflies memang salah satu karya besar Isao Takahata. Selain itu ada beberapa film Ghibli lain yang ia sutradarai antara lain Kiki's Delivery Service, Only Yesterday, Pom Poko, My Neighbors The Yamadas, dan The Tale of Princess Kaguya. Karya terakhirnya The Tale of Princess Kaguya menghabiskan waktu satu dekade dalam pembuatannya dan akhirnya berhasil dinominasikan di Academy Award for Best Animated Feature tahun 2015.

The Tale of Princess Kaguya./Copyright nytimes.com/GKIDS

Pria yang lahir tanggal 29 Oktober 1935 di Mie ini tumbuh besar di Okayama. Beberapa bagian dalam film Grave of the Fireflies terinspirasi dari kejadian nyata yang dialaminya semasa kecil. Saat masih kecil, ia pernah lari bertelanjang kaki dengan mengenakan piyama melewati mayat-mayat yang bergelimpangan saat Perang Dunia II pecah. Membuat karya yang terinspirasi dari kisah dan pengalaman pribadi memang bisa memberi kesan tersendiri.

Setelah lulus dari University of Tokyo, Isao memulai kariernya di dunia animasi pada akhir tahun 50an di studio Toei tempat ia bertemu Hayao Miyazaki. Meski kini Isao sudah tutup usia, karya-karyanya akan selalu dikenang dan membekas di hati.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading