Sukses

Parenting

Tips Memberikan ASI bagi Ibu Pekerja, Catat ya Mom

Memberikan ASI pada anak memang penting. Selain menjaga kesehatan anak tapi juga dapat membantu kehangatan hubungan anak dan ibu, Untuk itulah, saat melahirkan sebisa mungkin ibu memberikan ASI. Lalu bagaimana dengan ibu yang harus bekerja, saat masih menyusui? Apakah menyusui dapat dilakukan oleh ibu yang sedang bekerja.

Well, wajar jika timbul rasa khawatir akan hal ini. Tidak perlu bingung, berikut ini adalah cara untuk memberikan ASI untuk Ibu Pekerja.

    Menjaga Kebersihan

    Sebelum memerah ASI sebaiknya untuk menjaga kebersihan. Cuci tangan dengan sabun sebelum memerah ASI. Cuci alat pumping hingga bersih, dan pastikan mom menjaga rerap steril dan bersih.

    Perhatikan Waktu Memerah ASI

    waktu terbaik untuk memerah ASI adalah seawal mungkin, sebelum mom masuk kerja. Perah ASI 3 jam sekali saat menyusui. Pastikan mom memerah ASI di tempat yang bersih dan steril sehingga ASI yang dihasilkan pun menyehatkan.

    Saat mom bersama dengan bayi, usahakan untuk memberikan ASI dari mom, bukan ASI hasil memerah. Hal ini membantu menjaga hubungan mom dan si kecl agar tetap hangat.

    Lakukan Pemijatan

    Melakukan pemijatan yang benar pada payudara bisa membuat produksi ASI meningkat. Pemijatan ini bahkan bermanfaat untuk membuat payudara tetap sehat dan terhindar dari risiko kanker atau tumor.

    Jaga Kualitas ASI

    Simpan ASI di tempat bersih dan jangan lupa untuk menyimpan ASI di tempat khusus. Perhatikan waktu mom menyimpannya, ingat ASI memiliki batas kedaluarsa sehingga memperhatikan waktu menyimpannya sangat penting.

    Selalu Bahagia dan Hindari Stres

    Agar ASI yang dihasilkan melimpah, kunci utamanya adalah pastikan mom tetap senang dan bahagia. Kondisi mom yang bahagia dan bebas stres akan melencarkan ASI. Jadi, selama menyusui jauh-jauh dengan stres ya.

Mom, demikian 5 tips untuk menyusui bagi ibu menyusui. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil. Selamat menyusui.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading