Sukses

Beauty

Nasi Jadi Rendah Kalori dan Lebih Sehat dengan Trik Memasak Ini

Ada kalimat yang sering dikatakan bahwa orang Indonesia nggak bakal kenyang kalau nggak makan nasi. Sebegitu besarnya peran nasi di dalam kehidupan sehingga sulit jika tidak makan nasi dalam sehari.

Sebenarnya, makan nasi setiap hari dalam jumlah banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Pertama, karena kalori nasi yang tinggi dan kandungan karbohidratnya yang sederhana sehingga mudah membuat ditimbun menjadi lemak dan menjadikan tubuh gemuk apabila tidak didukung dengan aktivitas fisik yang banyak.

Tapi tahukah kamu bahwa ternyata kalori nasi bisa dipangkas dan dikurangi hingga separuhnya jika teknik masaknya tepat? Sehingga nasi lebih rendah kalori dan lebih sehat dikonsumsi.

Satu mangkuk nasi mengandung kurang lebih 200 kalori. Tapi menurut peneliti dari American Chemical Society, memasak nasi dengan menambahkan minyak kelapa dan menyimpannya di kulkas bisa menurunkan kalori hingga 60% dari kalori aslinya.

Nasi terbuat dari pati tepung yang mudah dicerna dan sejenis karbohidrat yang disebut pati resisten yang mudah mengendalikan berat badan. Manusia tidak memiliki enzim untuk mencerna jenis pati ini sehingga nasi tidak diubah jadi gula. Sebagai gantinya, nasi melewati usus halus dan diolah di usus besar kemudian dengan mudah diserap dalam aliran darah.

Masak nasi dengan menambahkan minyak kelapa agar rendah kalori/copyright Martha Stewart.com

Peneliti dari College of Chemical Sciences di Sri Lanka menguji coba nasi untuk mendapatkan nasi yang lebih sehat dan rendah kalori dengan cara meneteskan minyak kelapa saat menanak nasi selama 40 menit. Setelah itu, nasi dites dan ternyata kalori nasi menurun hingga 10-15% dibanding nasi yang dimasak biasa.

Setelah matang, nasi disimpan di kulkas selama 12 jam. Dengan cara ini, nasi mengalami penurunan 50-60% kalori dari nasi yang dimasak begitu saja tanpa diberikan perlakuan apa pun.

Jadi, jika ingin nasi rendah kalori dan lebih sehat, tambahkan 1-2 tetes minyak kelapa saat memasak beras ya! Atau memasukkannya ke dalam kulkas saat nasi sudah matang, selagi hangat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading