Sukses

Beauty

Nggak Bikin Gemuk! Makan Keju Tiap Hari Justru Cegah Penyakit Jantung

Mungkin keju menjadi salah satu makanan terlihat tidak sehat karena tinggi garam, kalori dan lemak. Apalagi keju saat ini jadi primadona makanan kekinian, karena banyak jajanan atau menu-menu makanan baru selalu tak lupa menambahkan keju sebagai topping di atasnya.

Tapi tahukah kamu bahwa ternyata makan keju setiap hari ternyata baik untuk tubuh? Sebuah penelitian yang terbit dalam European Journal of Nutrition menemukan bahwa makan sedikit keju setiap hari bisa mengurangi risiko mengembangkan penyakit jantung dan serangan stroke, dibanding mereka yang jarang atau tidak pernah makan keju.

Keju, seperti olahan susu lainnya, mengandung kadar lemak jenuh tinggi yang mana berhubungan erat dengan tingginya risiko kolesterol tinggi, aterosclerosis, dan penyakit jantung. Tapi di balik risiko tersebut, keju juga punya potensi manfaat kesehatan seperti kandungan kalsium, protein dan probiotik-nya yang tinggi.

Makan keju tiap hari bagus buat kesehatan/copyright Pexels.com

Peneliti asal Tiongkok dan Belanda mengombinasikan data observasi dari 15 penelitian melibatkan 200 ribu orang. Peneliti menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi keju mengalami penurunan 14% mengalami penyakit jantung koroner dan menurunkan 10% risiko serangan stroke dibanding mereka yang jarang atau tak pernah makan keju.

Tapi manfaat ini tak berlaku untuk kebiasaan mengonsumsi keju dalam jumlah atau porsi besar. Terlalu banyak makan justru bisa meningkatkan risiko kegemukan dan penyakit lain. Jadi, jika ingin mendapat manfaat sehatnya, memang lebih baik mengonsumsi dalam jumlah kecil ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading