Sukses

Parenting

Susah Hamil? Mungkin Kegemukan Penyebabnya

Sudah lama mengharapkan momongan tapi tak kunjung hamil? Faktor penyebabnya bisa sangat beragam. Salah satunya adalah kegemukan.

Seperti yang dilansir oleh thehealthsite.com, obesitas adalah salah satu penyebab utama yang mempengaruhi ovulasi dan kesuburan wanita karena mengganggu pola hormon dalam tubuh wanita. Siklus haid pun bisa tidak teratur dan mengganggu fase ovulasi. Selain itu, penumpukan lemak di perut bisa menyebabkan produksi hormon pria yang bisa menghambat terjadinya ovulasi.

Obesitas juga bisa menyebabkan produksi insulin yang berlebih. Akibatnya ovulasi juga akan tidak teratur dan bisa menyebabkan kondisi yang disebut sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovary syndrome (PCOS), yaitu gangguan keseimbangan kadar hormonal. Untuk melakukan program hamil, seorang wanita yang obesitas perlu melakukan usaha yang lebih besar.

Wanita yang obesitas juga rentan mengalami keguguran. Dan ketika sudah keguguran, untuk mencoba hamil lagi akan terasa lebih sulit. Obesitas meningkatkan risiko tiga kali lipat lebih besar seorang wanita mengalami keguguran dan kelahiran prematur.

Belum lagi dengan dampak obesitas yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, seperti kolesterol tinggi, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Masalah-masalah kesehatan seperti itu bisa juga jadi faktor penyebab seorang wanita susah hamil. Jadi penting untuk memeriksakan diri ke dokter bila mengalami gangguan kesehatan ini juga, ya ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading