Sukses

Parenting

Perut Masih Kelihatan Buncit Usai Melahirkan, Normalkah?

Selama hamil, perut pastinya akan membesar dan membuncit. Seiring perkembangan janin, perut juga akan semakin besar. Setelah melahirkan, biasanya ukuran perut akan kembali seperti semula.

Tapi bagaimana kalau perut masih saja kelihatan buncit usai melahirkan? Bagaimana bila baby bump tak kunjung hilang setelah bersalin? Kira-kira hal ini normal nggak, ya?

Biasanya Baby Bump Akan Lenyap Setelah 2 Minggu
Dilansir dari boldsky.com, pakar kesehatan menyebutkan bahwa sebagian besar wanita masih terlihat seperti hamil dalam kurun waktu 1-2 minggu setelah melahirkan. Biasanya 2 minggu setelah melahirkan, baby bump atau kondisi perut buncit perlahan-lahan akan mengempis dengan sendirinya.

Baby bump biasanya hilang sendiri 2 minggu setelah melahirkan./Copyright thinkstockphotos.com

Adakalanya Otot-otot yang Melar Tidak Cepat Kembali Normal
Kalau perut masih tetap kelihatan buncit usai melahirkan bahkan melebihi 2 minggu sesudahnya, bisa jadi ini karena otot-otot perut yang melar. Otot-oto ini tak bisa kembali seperti sedia kala karena sudah mengalami peregangan dan tertarik dalam kurun waktu yang cukup lama. Bisa juga karena rahim yang membesar selama kehamilan. Untuk kembali ke ukuran semula pun akhirnya butuh waktu yang kadang bisa berminggu-minggu lamanya.

Untuk Kembali ke Ukuran Normal, Biasanya Ada Rasa Sedikit Nyeri
Agar otot rahim dan perut kembali normal biasanya ada sedikit rasa nyeri yang dirasakan. Setelah melahirkan, cairan ketuban, darah, dan cairan lainnya bisa membuat penampakan perut masih agak buncit (baby bump).

Ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter bila ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh usai melahirkan. Yang penting jangan keburu panik dulu, ya moms.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading