7 Minuman Yang Harus Ada Dalam Menu Harian Ibu Selama Hamil

Kamis, 03 Agustus 2017 13:15

Oleh: Febi Anindyakirana



Ibu hamil harus tahu apa yang boleh diminum selama hamil/copyright Pixabay.com

Vemale.com - Ada banyak sekali hal-hal yang harus kamu lakukan ketika hamil. Mulai dari mengubah kebiasaan sehari-hari, bagaimana beraktivitas, bagaimana menjaga kesehatan hingga mengatur pola dan menu makan. Jika soal makanan dan minuman, kamu harus perhatian benar, karena ada 7 minuman yang boleh diminum dan tidak boleh diminum saat hamil. Ketahui daftarnya apa saja.

Minuman boleh diminum

  • Air putih. Hamil atau tidak, kamu wajib minum air putih, karena ini adalah minuman paling dibutuhkan tubuh setiap harinya. Ahli diet Missouri State University mengatakan bahwa minuman terbaik untuk ibu hamil adalah air putih. Bukan hanya mencegah dehidrasi, tapi juga memenuhi kebutuhan air ketuban di dalam tubuh yang melindungi janin. Menurut Healthline, ibu hamil butuh minum lebih dari 8 gelas air per hari.




Air kelapa muda sangat sehat untuk ibu hamil/copyright Pixabay.com

  • Kelapa muda. Air kelapa muda punya banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, apalagi ketika hamil. Banyak nutrisi akan mudah diserap tubuh dan disalurkan ke bayi dalam kandungan. Selain sangat baik mencegah dehidrasi dan menjaga elektrolit tubuh, air kelapa muda juga bisa menjaga kekuatan kandungan ibu.
  • Jus jeruk. Kebutuhan vitamin C ibu hamil bisa dua kali lipat dari kebutuhan biasanya. Karena ibu hamil juga cenderung mengalami mual dan susah makan, minum jus jeruk yang asam mampu meringankan morning sickness selagi menutrisi tubuh. Vitamin C juga digunakan tubuh untuk berbagai keperluan. Pastikan memeras jeruk dengan air matang dan diperas sendiri di rumah agar terjaga kualitasnya.




Susu dan yogurt bisa memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil/ copyright Pixabay.com

  • Susu dan yogurt. Kandungan protein, kalsium dan lemak sehat di dalam susu sangat lengkap menutrisi janin dan kebutuhan harian ibu. Apalagi kalsium yang sangat dibutuhkan ibu untuk mempertahankan kepadatan tulang saat hamil. Pastikan susu dan yogurt tersebut matang, karena ibu hamil tidak boleh makan atau minum segala sesuatu yang mentah.
  • Jus buah atau smoothies. Alternatif sehat dan kaya gizi lainnya adalah smoothies buah yang bisa dicampur dengan oatmeal dan berbagai macam buah segar. Untuk ibu hamil yang susah makan, smoothies jadi menu sangat baik pengganti nasi namun tidak mengabaikan nutrisi.




Wedang jahe hangat bisa meredakan morning sickness/ copyright Pixabay.com

  • Jahe hangat. Rasanya yang kuat dan aromanya yang segar bisa mengurangi mual di pagi hari dan melegakan tenggorokan. Sifat anti-inflamasi, anti-bakteri dan anti-virus pada jahe sangat baik menjaga kekebalan tubuh ibu dan membantu menyembuhkan penyakit.
  • Minuman mengandung elektrolit. Minuman yang masuk dalam kategori sport drinks ini ternyata aman dikonsumsi ibu hamil karena menurut ahli, minuman berelektrolit membantu mencegah dehidrasi dan kram otot saat hamil besar.

Itu dia 7 minuman yang harus diminum ibu hamil untuk memenuhi nutrisi dan menjaga kandungan. Perhatikan asupan minumanmu setiap hari ya, Moms.

KESEHATAN IBU HAMIL LAINNYA:

Yuk Cegah Wasir Saat Hamil Tua Dengan Konsumsi Serat Ini

Mom, Konsumsi Gula Berlebih Saat Hamil Anak Berisiko Asma

Ingin Punya Anak Laki-Laki? Banyaklah Makan Pisang Saat Hamil

Kenapa Wanita Hamil Kadang Suka Ngidam yang Aneh-Aneh?

Ingin Cepat Hamil di Usia 20an? Lakukan 4 Hal Ini

(vem/feb)






ARTIKEL TERKAIT - KEHAMILAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


© 2003-2017 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.