Sukses

Parenting

Waspada Mom, Terlalu Lelah Saat Hamil Muda Memicu Keguguran

Ibu hamil tak boleh terlalu lelah dan banyak melakukan aktivitas berat. Apalagi, jika usia kehamilan masih muda di bawah 4 bulan. Tak hanya tidak boleh terlalu lelah, usia kehamilan muda juga penting dijalani dengan perasaan tenang dan tanpa stres sedikit pun.

Terlalu lelah saat hamil muda sangat berisiko buat kehamilan. Dikutip dari laman parents.com, kelelahan saat hamil bisa meningkatkan risiko keguguran. Kelelahan juga bisa membuat kontraksi lebih cepat atau kelahiran dini.

Kelelahan bisa disebabkan oleh banyak hal. Hal tersebut antara lain adalah bekerja terlalu keras, olahraga terlalu berat, stres dan melakukan gerak tubuh yang terlalu berlebihan. Melakukan perjalanan jauh juga bisa meningkatkan risiko kelelahan.

Mom yang sedang hamil dan terlalu sibuk, entah itu karena pekerjaannya sebagai wanita karir atau sibuk mengurus rumah tangga ditambah pikiran yang stres, ini sangat berbahaya buat kesehatan dan keselamatan kandungan. Kelelahan fisik maupun psikis sangat berisiko tinggi menyebabkan keluarnya bercak darah atau flek saat hamil. Keluarnya bercak darah dan flek adalah fase pertama sebagai risiko kelelahan.

Pembengkakan pada kaki, mudah lemas, pusing hingga mudah jatuh dan risiko pingsan juga menjadi akibat dari kelelahan.  So Mom yang sedang hamil muda, usahakan agar senantiasa memiliki istirahat cukup agar terhindar dari risiko kelelahan yang meningkatkan risiko keguguran saat hamil muda.

Selain memastikan untuk memiliki istirahat cukup, penting juga bagi ibu hamil muda untuk senantiasa memiliki pola hidup sehat, perbanyak konsumsi protein, sayur dan buah serta menghindari berbagai makanan maupun minuman berbahan kimia serta bersoda. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading