Sukses

Parenting

Penting, Berikut 5 Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil

Banyak yang menganggap ibu hamil seharusnya tidak perlu melakukan olahraga. Takut capek dan berbahaya bagi kesehatan ibu hamil. Tidak hanya itu kekhawatiran berlebih terhadap kesehatan janin pun sering menjadi alasan seorang ibu untuk tidak berolahraga. Nyatanya pendapat tersebut tidak benar. Olahraga perlu dilakukan bagi ibu hamil karena dapat menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

Mom, berikut ini adalah manfaat olahraga bagi ibu hamil yang wajib kamu ketahui. Yuk, simak penjelasan dari vemale di bawah ini.

    Menguatkan Mental dan Fisik

    Dengan olahraga tidak hanya secara fisik tubuh kamu semakin kuat dan siap untuk melakukan persalinan. Fisik semakin kuat karena rutin berolahraga. Beberapa penelitian menyebutkan jika olahraga yang rutin dapat membantu dalam proses persalinan.

    Meningkatkan Perkembangan Otak Janin

    Jika Mom rutin berolahraga selama 20 menit, 3 kali seminggu akan meningkatkan kemampuan otak janin. Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti di Universitas Montreal pada tahun 2013, seperti yang dikutip dari magforwoman.com.

    Menjaga Kualitas Tidur

    Jika Mom selama kehamilan mengalami masalah sulit tidur, maka sangat disarankan untuk olahraga secara teratur. Masalah tidur pada ibu hamil biasanya terjadi saat usia kehamilan 3 bulan. Jika perlu, konsultasikan hal ini kepada dokter.

    Mengurangi Masalah Sakit Punggung

    Selama hamil, ibu hamil akan sering mengalami masalah sakit punggung. Hal ini karena punggung menahan tubuh selama hamil. Nah, dengan rutin melakukan olahraga masalah ini akan berkurang.

    Menjaga Keseimbangan Hormon

    Selama hamil, hormon menjadi kurang stabil dan menyebabkan emosi yang sulit untuk dikendalikan. Untuk mengurangi mood yang tidak baik, salah satu caranya adalah dengan melakukan olahraga. Tidak hanya itu olahraga juga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Mom, demikian 5 manfaat dari olahraga. Jadi sudah tidak ragu lagi untuk berolahraga selama masa kehamilan? Semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading