Sukses

Beauty

Kanker Payudara Saat Hamil

Karena kanker payudara yang terjadi pada wanita hamil cukup langka dan jarang terjadi, hanya ada beberapa penelitian yang telah dilakukan untuk meneliti kanker payudara pada wanita hamil. Meskipun begitu, penting halnya bagi wanita hamil untuk mendapatkan perawatan kanker payudara yang baik.
Maka dari itu, banyak panduan terapi yang dapat diikuti oleh wanita hamil yang mengidap kanker payudara seperti panduan yang dilansir oleh breastcancer.org sesuai dengan usia kehamilan berikut ini:
1. Trimester pertama
Jika usia kehamilan anda telah menginjak 3 bulan atau kurang, daftar panduan membahas kemungkinan untuk mengakhiri kehamilan. Panduan ini tidak menyatakan bahwa anda harus mengakhiri kehamilan anda karena anda telah didiagnosa kanker payudara. Namun ini merupakan salah satu pilihan yang bisa anda ambil. Pada kehamilan bulan ketiga, jika anda memutuskan untuk melanjutkan kehamilan anda, langkah selanjutnya yang bisa anda ambil adalah operasi mastektomi. Mastektomi lebih disarankan daripada terapi radiasi, karena radiasi tidaklah aman selama masa kehamilan.
2. Trimester kedua
Jika kanker payudara ditemukan saat kehamilan anda memasuki trimester kedua, daftar panduan menyarankan operasi mastektomi atau lumpektomi. Kemoterapi juga dapat dimulai sebelum melakukan operasi.
3. Trimester ketiga
Daftar panduan menyarankan jika anda telah didiagnosa mengidap kanker payudara pada trimester ketiga kehamilan anda, anda dapat menjalani mastektomi maupun lumpektomi. Kemoterapi dapat dilakukan secara aman jika dibutuhkan. Terapi radiasi dan hormon, jika memungkinkan, akan diberikan setelah wanita tersebut melahirkan.

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading