Sukses

Beauty

Penyebab Gagalnya Pemeriksaan Kanker Payudara Secara Mandiri

Pemeriksaan kanker payudara secara mandiri memang sangat mungkin untuk dilakukan. Bahkan tidak sedikit pula wanita yang menemukan adanya tanda-tanda kanker payudara pada saat mereka melakukan pemeriksaan payudara secara mandiri.

Meskipun terbukti cukup efektif, cara ini tetap saja memiliki sejumlah kekurangan. Seperti dilansir oleh webmd.com bahwa pemeriksaan mandiri payudara wanita akan tidak berarti jika menemui sejumlah kendala seperti di bawah ini.

Hal pertama yang menyebabkan pemeriksaan payudara tersebut gagal adalah pemeriksaan di waktu yang salah. Maksudnya adalah wanita melakukan pemeriksaan pada saat masa menstruasi. Pada saat masa menstruasi payudara wanita memang memang mengeras. Akan tetapi hal itu sama sekali bukanlah ciri adanya kanker payudara.

Selain bertepata dengan masa menstruasi ada waktu lain yang membuat pemeriksaan sama sekali tidak efektif yaitu ketidakteraturan menstruasi. Masa menstruasi yang sering berubah akan sangat sulit bagi wanita membandingkan hasil pemeriksaan yang satu dengan yang lainnya.

Hal ketiga adalah adanya benjolan pada payudara yang terasa cukup keras. Hal ini jelas akan menyulitkan pemeriksaan secara mandiri. Pasalnya, benjolan yang semacam itu biasanya terjadi hampir di seluruh bagian payudara sehingga menyulitkan untuk menentukan mana sel kanker dan mana yang bukan.

Tidak jarang pula, benjolan yang terjadi itu pun akan mengendur pada masa sebelumnya terjadinya menstruasi. Hal ini lah yang semakin membuat wanita bingung untuk menetukan hasil dari pemeriksaan mereka.

Wahyu Wienanda

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading