Sukses

Beauty

Ladies, Payudara Besar Sebelah Bukan Berarti Pertanda Kanker Payudara!

Payudara yang sehat bisa dimiliki oleh setiap orang dengan sering menjaga gaya hidup yang sehat. Memiliki payudara yang sehat dan besar tentunya bisa menjadi kepuasan tersendiri bagi beberapa wanita, namun apa jadinya jika kamu punya payudara yang besar sebelah? Apakah mungkin hal ini bisa termasuk dalam gejala kanker payudara?

Seperti yang dilansir klikdokter, ternyata tidak semua kasus payudara besar sebelah disebabkan oleh kanker. Pada prinsipnya, pertumbuhan payudara setiap wanita akan berakhir 5 tahun setelah mendapatkan haid pertama. Jadi, bisa saja payudara masih dalam masa pertumbuhan. Hampir 90% wanita di dunia memiliki payudara yang berbeda ukuran. Tapi kamu tak perlu khawatir karena hal ini merupakan hal yang normal. Ukuran payudara kanan dan kiri bisa dianggap wajar jika memiliki perbedaan ukuran sampai 20%.

Ada banyak faktor mengapa payudara bisa besar sebelah, salah satunya adalah karena kamu sedang mengalami siklus haid. Saat kamu mengalami ovulasi, ukuran payudara akan bertambah karena retensi (penyimpanan) cairan, dan peningkatan aliran darah ke payudara.

Selain itu, trauma juga bisa menjadi faktor mengapa payudara bisa berbeda ukuran. Jika mengalami trauma saat selesai berkembang, maka pembesaran payudara bisa disebabkan oleh peradangan. Namun yang paling berbahaya adalah saat adanya infeksi yang menyebabkan bengkak pada payudara. Biasanya kondisi ini dialami dengan gejala kemerahan, panas, dan nyeri. Misalnya saja mastitis atau abses payudara.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi kalau ada payudara sebelah karena hal tersebut bukan berarti kamu mengidap kanker payudara. Namun jika kamu mengalami hal yang tidak normal pada payudara, maka segeralah periksa ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading