Sukses

Beauty

Tak Segera Ditangani, Ini Bahayanya Bagi Penderita Sirosis Hati

Seringkali orang abai terhadap kesehatan hati, hanya karena penyakit ini jarang dibahas dibanding penyakit lainnya, sehingga orang berpikir bahwa penyakit ini tidak begitu berbahaya. Jika kamu termasuk yang berpikiran sama seperti ini, hilangkan pikiran tersebut dari sekarang.

Meskipun dalam keadaan sehat hati bisa memperbaiki diri dengan cepat, namun ketika sudah sakit, maka efeknya akan sangat buruk pada tubuh. Sirosis hati atau pengerasan hati adalah kerusakan hati kronis yang biasanya diderita dalam jangka panjang.

Umumnya, penderita sirosis memulai penyakit dengan hepatitis kronik. Ketika tidak dilakukan penanganan untuk penyakit hapatitis kronik, maka akan berkembang menjadi sirosis, di mana kondisi hati sudah rusak parah. Jika sudah seperti ini, jalan terbaik yang bisa dilakukan adalah pencangkokan hati atau transplantasi hati.

Jika sirosis hati dibiarkan tanpa penanganan atau perawatan intensif, penyakit ini bisa berkembang menjadi kanker hati.

Seperti dikatakan Ketua PB Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia, Irsan Hasan dalam acara 'Peranan Uji Diagnostik dalam Memerangi Hepatitis', "Lama-lama sirosis hati bisa berkembang menjadi kanker hati. Kalau sudah kanker, tidak bisa disembuhkan sama sekali. Dan sebanyak 95 persen penderita kanker hati meninggal."

Jadi, jangan pernah mengabaikan sirosis. Kesehatan harus dijaga ladies, terutama jika mengalami penyakit sirosis hati. Jangan sampai menyesal ketika tidak ditangani dengan tepat.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading