Sukses

Health

Bukan Kolesterol, Ini Harusnya yang Ditakuti Saat Makan Durian

Umumnya, makan buah-buahan itu sehat dan bahkan buah-buahan termasuk jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi lebih banyak setiap harinya untuk menjaga kesehatan. Namun sepertinya aturan ini agak berbeda untuk buah durian.

Banyak orang justru menyarankan agar orang tidak banyak makan durian karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Benarkah orang harus takut dengan kandungan kolesterol tinggi pada durian? Karena ternyata sebenarnya bukan itulah yang perlu dikhawatirkan.

Seperti dilansir dari Changi General Hospital Dietetics and Food Service Department seperti dikutip dari situs Health XChange Singapore, Minggu 24 Juni 2018, dikatakan Teresa Cheong bahwa sebenarnya buah durian mengandung lemak jenuh tunggal yang justru dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menyeimbangkan tekanan darah tinggi.

Tidak benar jika buah durian memiliki kolesterol. "Kolesterol ditemukan di dalam makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, makanan laut, dan produk susu," ungkap Teresa Cheong.

Yang perlu dikhawatirkan dari konsumsi buah durian yang berlebihan adalah kalori dalam buah durian tersebut. Durian punya kalori tinggi, per satu kilogram-nya hampir 1.350 kalori. Makan satu durian saja sudah mencukupi 68 persen dari 2.000 kalori harian yang disarankan untuk orang dewasa. Jadi, inilah yang patut diperhatikan banyak orang.

Pada dasarnya, durian adalah buah kaya kandungan gizi seperti kalium, serat, zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Jadi, sebenarnya tidak masalah mengonsumsi buah durian asal tidak berlebihan serta tidak setiap hari agar kesehatan tetap seimbang ya ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Resep Durian Smoothie

Bahan-bahan:

  • 1 1/2 cangkir daging durian matang (bebas biji)
  • 1 cangkir susu almond (atau susu pilihan)
  • 1/2 cangkir yogurt plain
  • 2 sendok makan madu (atau sesuai selera)
  • 1/2 cangkir es batu (opsional)
  • Secubit garam (opsional, untuk meningkatkan rasa)
  • Potongan kecil daging durian matang untuk hiasan (opsional)

Cara membuat:

  1. Buka buah durian dan keluarkan dagingnya dari bijinya. Pastikan daging durian yang digunakan sudah matang dan lembut. Gunakan sendok atau tangan untuk mengeluarkannya.
  2. Masukkan daging durian yang sudah diambil dari biji ke dalam blender. Tambahkan susu almond, yogurt plain, madu, es batu (jika digunakan), dan garam (jika digunakan).
  3. Tutup blender dan nyalakan mesin dengan kecepatan tinggi. Proses hingga semua bahan tercampur dan smoothie menjadi halus dan kental. Tambahkan lebih banyak susu almond jika ingin mengencerkannya.
  4. Setelah selesai meng-blender, cicipi smoothie durian. Jika ingin lebih manis, tambahkan lebih banyak madu. Jika ingin lebih kental, tambahkan lebih banyak daging durian. Bisa juga menambahkan es batu lebih banyak jika suka.
  5. Tuangkan smoothie durian ke dalam gelas saji. Tambahkan potongan kecil daging durian sebagai hiasan jika suka. Sajikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading