Sukses

Beauty

Panduan Olahraga Plank 5 Menit untuk Meningkatkan Vitalitas Tubuh

Untuk menjaga vitalitas dan kebugaran tubuh, penting untuk rutin melakukan olahraga. Sayangnya, karena kesibukan yang padat dan berbagai alasan lain terkadang kita tak punya waktu cukup untuk melakukan olahraga. Tapi tenang saja, ada jenis olahraga yang lebih praktis yang bisa dilakukan cukup 5 menit saja secara rutin.

Plank workout, jenis olahraga yang satu ini termasuk yang paling efektif untuk meningkatkan vitalitas tubuh tanpa memakan banyak waktu. Cukup sisihkan waktu 5 menit sehari untuk melakukan olahraga plank secara rutin untuk mendapatkan hasil optimalnya.

5 menit planking./Copyright id.pinterest.com/natifh

Dalam waktu 5 menit, ada sejumlah gerakan yang perlu diikuti dalam planking. Berikut penjelasan lebih detailnya.

1 Menit Full Plank
Posisikan tubuh dengan kedua tangan dan lutut yan bertumpu di lantai untuk meregangkan tulang belakang. Sejajarkan bahu tepat di atas tumpuan tangan dan regangkan tulang belakang dengan mengangkat kepala. Tahan posisi ini selama 1 menit.

30 Detik Elbow Plank
Di sini posisi siku ditekuk 90 derajat di depan dada. Kepala menghadap ke depan dan regangkan tulang belakang, tahan 30 detik.

30 Detik Raised-Leg Plank
Angkat kaki secara bergantian dengan menahannya masing-masing 30 detik.

30 Detik Side Plank
Kali ini posisi tubuh dimiringkan. Tubuh bertumpu pada satu siku, sedangkan tangan satunya memegang pinggang. Lakukan di dua sisi bergantian, masing-masing tahan selama 30 detik.

30 Detik Full Plank
Kali ini kembali ke posisi seperti yang pertama (full plank). Tahan 30 detik.

1 Menit Elbow Plank
Posisi kembali dengan siku ditekuk membentuk 90 derajat di depan dada. Dengan kepala menghadap ke depan, regangkan tulang belakang ke belakang. Tahan lagi posisi ini selama 30 detik.

Meski kelihatannya mudah tapi gerakan plank ini membutuhkan kekuatan otot yang besar. Selain itu penting untuk melakukan peregangan otot atau pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan planking, ya.

Jadi, kapan nih mau mencoba atau memulai olahraga yang satu ini?



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading