Sukses

Beauty

Usai Olahraga, Waktu Terbaik untuk Makan adalah 30 Menit Kemudian

Pernah nggak kamu merasa lapar banget sehabis olahraga? Hal ini terbilang wajar. Karena banyak energi dan kalori yang terbakar membuat tubuh jadi membutuhkan asupan makanan yang baru. Tapi jangan terburu-buru langsung makan usai olahraga, ya.

Olahraga yang kamu lakukan bisa jadi sia-sia kalau kamu tak mengimbanginya dengan strategi tepat mengatasi rasa lapar setelah olahraga. Apalagi kalau kamu habis melakukan olahraga berat, rasa lapar akan langsung mendera begitu kamu selesai melakukan aktivitas fisik. Sebaiknya tunggu waktu 30 menit setelah olahraga untuk makan.

Tunggulah 30 Menit Baru Makan
Setelah berolahraga, jangan langsung makan. Coba tunggu sekitar 30 menit. Dilansir dari prevention.com, makan dalam kurun waktu 15-30 menit setelah olahraga, ada kecenderungan kita akan mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang lebih sedikit daripada jumlah kalori yang sudah dibakar ketika olahraga. Tapi menunggu terlalu lama, misalnya 1 jam sesudah olahraga terkadang malah bisa membuatmu lebih 'kalap' dan mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang lebih banyak.

Jika Sudah Keburu Lapar, Siasati dengan Minum Air Putih Lebih Dahulu
Kalau sudah lapar berat coba siasati dulu dengan minum air putih. Sering kita keliru menganggap rasa haus sebagai rasa lapar, apalagi dengan kondisi habis olahraga. Saat merasa lapar, cobalah untuk minum air putih terlebih dahulu, lalu beri jeda 15 menit sebelum memutuskan apakah kamu butuh makanan yang lebih berat atau tidak. Atau konsumsi buah seperti apel atau pisang terlebih dahulu.

Orang yang minum 7 gelas air putih sehari bisa mengurangi konsumsi kalorinya sebanyak 200 kalori jika dibandingkan dengan orang yang minum air putih kurang dari satu gelas per hari. Laporan ini berdasarkan penelitian terbaru dari University of North Calorina di Chapel Hill. Nanti baru 30 menit kemudian, kamu bisa mulai makan dengan porsi sedikit lebih dahulu. Agar sistem pencernaan lebih lancar, konsumsi makanan dengan porsi yang lebih sedikit terlebih dahulu ketika baru saja berolahraga.

Biar manfaat olahraga lebih optimal, pola makan juga perlu diatur dengan baik, ya Ladies. Semoga infonya bermanfaat.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading