Sukses

Beauty

Asma Bronkial dan Asma Kardial, Apa Bedanya?

Ladies, tahukah Anda bahwa asma bisa dibedakan menjadi dua jenis? Ya, tak semua teman dan kerabat pengidap asma yang Anda kenal menderita asma yang sama, lho. Dalam dua medis, ada dua jenis asma, yaitu asma bronkial dan asma kardial. Memang, apa sih bedanya?

Menurut lansiran mydr.com.au, asma bronkial dan kardial dibedakan dari penyebab gangguan sesak nafas yang ditimbulkannya. Asma bronkial ini sebenarnya mengacu pada “asma biasa” yang umum ditemui sehari-hari. Asma bronkial ini disebabkan oleh timbulnya sumbatan pada jalan pernafasan seseorang karena adanya rangsangan berupa alergi (debu, suhu, bulu binatang, dan sejenisnya).

Gejalanya berupa sesak napas berjangkit-jangkit akibat kejang otot bronchus, sehingga lubang bronchus menjadi menyempit. Jadi, bisa dibilang asma bronkial ini merupakan manifestasi alergi.

Sementara, asma kardial, atau yang biasa disebut dengan asma jantung, adalah gangguan sesak nafas yang disebabkan oleh penyakit jantung, bukan karena rangsangan luar seperti halnya asma bronkial.

Dalam asma ini, bagian sebelah kiri jantung yang bertugas untuk memompa darah ke paru-paru mengalami daya penurunan. Akibatnya timbul adanya cairan dan gas yang terpompa ke dalam paru-paru atau disebut kondisi pulmonary oedema.

Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan penderita menjadi sulit bernafas dan mengeluarkan bunyi-bunyian atau desahan ketika bernafas. Aktivitas yang membutuhkan banyak tenaga pada penderita gagal jantung, seperti naik tangga, bisa menjadi pemicu munculnya asma kardial.

Memang, kedua asma ini tidak bisa disembuhkan. Namun, penyakit ini masih bisa dikontrol dan bukan merupakan penghalang bagi penderita untuk tetap bisa menikmati hari. Setuju, Ladies?

 

Oleh: Adienda Dewi S.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading