Sukses

Beauty

Ini Dia Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asma

Asma memang merupakan penyakit kronis yang belum ditemukan penyembuhnya. Jikalau pun ada obat yang dikonsumsi saat terserang asma, itu hanyalah pengobatan sementara untuk mencegah dan mengurangi rasa sakit. Asma juga disebut sebagai silent killer karena tidak dipungkiri, penyakit ini juga bisa menyebabkan kematian jika tidak mendapatkan penanganan yang benar.

Seseorang bisa terkena asma karena beberapa faktor seperti lingkungan, keturunan hingga makanan. Beberapa orang yang menderita asma biasanya akan dilarang untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan tertentu. Karena erat kaitannya dengan alergi, biasanya makanan yang menjadi pantangan pun biasanya adalah makanan yang bisa menimbulkan alergi.

Oleh karenanya, pengetahuan tentang apa saja jenis makanan yang berpotensi memicu serangan asma perlu diketahui. Ini agar penderita asma atau calon penderita asma mengetahui apa saja yang boleh dikonsumsi dan tidak dengan upaya mencegah dan membantu pemilik penyakit asma untuk sembuh.

Olahan Susu

Produk olahan susu seperti es krim, yogurt dan susu cair bisa menjadi pemicu munculnya penyakit asma. Terlebih, jika Anda mempunyai alergi tertentu pada produk olahan susu. Produk olahan susu dapat menyebabkan mengi dan batuk pada penderita asma.

Kacang

Konsumsi kacang, terutama kacang tanah memang tidak patut berlebihan. Seperti pepatah yang mengatakan 'apapun yang berlebihan tidak membawa manfaat yang baik' sepertinya cocok untuk ini. Kacang memang memiliki kandungan lemak jenuh yang dapat memicu alergi jika dikonsumsi secara berlebihan. Karenanya, Anda harus berhati-hati dan mengatur porsi konsumsi kacang-kacangan.

Makanan mengandung ragi atau jamur

Untuk Anda yang menderita asma, sebaiknya Anda mengurangi makanan yang menggunakan ragi atau jamur dalam proses pembuatannya. Seperti roti, keju biru, coklat, kue, muffin dan gula putih. Nah, terus makan apa dong? Anda harus bersikap bijak ketika memutuskan untuk mengkonsumsi makanan-makanan tersebut. Jumlah haruslah dikurangi.

Makanan berpengawet

Mengkonsumsi makanan berpengawet saja tentu berbahaya untuk tubuh, apalagi untuk Anda yang menderita asma. Pengawet seperti benzoate, sulfat dan gallates dan juga pewarna harus dihindari. Asparagus, daun bawang, telur, selada merupakan contoh dari makanan yang mengandung sulfat. Anda mungkin harus mulai mengurangi konsumsi tersebut. Ini disebabkan karena dapat menyebabkan iritasi dan alergi.

Dengan menghindari makan yang dapat memicu serangan asma untuk muncul berarti Anda sudah melindungi diri sendiri. Perlu diingat, makanan yang disebutkan di atas bukanlah penyebab langsung dari penyakit asma. Makanan tersebut adalah yang seharusnya dihindari karena faktor-faktor tertentu. Ada baiknya, jika Anda adalah penderita asma lebih berhati-hati sebelum mengkonsumsi makanan. Periksa sebelum memakannya. Sederhana, bukan?

(vem/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading