Sukses

Parenting

Mom, Berikut Syarat Anak Autis Bersekolah di Sekolah Umum

Kebanyakan anak pengidap autisme biasanya bersekolah di sekolah khusus, tak banyak memang para orangtua yang berani menyekolahkan mereka di sekolah umum. Padahal, anak dengan autisme tetap bisa bersekolah di sekolah umum.

Namun, moms harus memperhatikan beberapa hal agar anak autis dapat bersekolah di sekolah umum. Seperti yang dijelaskan Dessy Arnas selaku professional Image Coach President Elect ICF Jakarta, anak berkebutuhan khusus dapat belajar di sekolah umum namun harus selalu mendapatkan pendampingan. Agar mereka dapat merasakan situasi atau suasana seperti di lingkungan rumah.

"Saya lebih suka anak - anak bergaul di sekolah umum. Karena sekarang mereka bisa diterima di sekolah umum. Nantinya mereka pun akan masuk kepada lingkungan umum. Kemampuan bersosialisasi itu harus dilatih sejak dini," ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Ciri - ciri anak autis sudah dapat beradaptasi dan menerima orang lain adalah jika mereka sudah bisa memperhatikan kita. Tingkat adaptasi setiap anak memang berbeda - beda, untuk moms harus lebih dahulu memperhatikan mereka, dengan begitu si kecil dapat dengan mudah memperhatikan kembali.

"Dengan membiasakan diri di lingkungan umum, anak autis bisa dapat dengan mudah beradaptasi. Karena, masih menurutnya, yang menjadi kesulitan bagi anak autis adalah bagaimana beradaptasi dengan lingkungan baru dan sekitarnya," tutupnya.

(vem/asp/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading