Sukses

Lifestyle

5 Pewarna Makanan Alami Bakal Bikin Masakan Kamu Makin Cantik

Bagi setiap orang, makanan dengan warna-warni cantik tentu akan lebih menggugah selera. Apalagi, jika makanan tersebut juga memiliki aroma yang sedap dan wangi. Jika Kamu suka membuat beragam makanan baik itu kue atau masakan, Kamu pun harus mengenal berbagai macam bumbu serta pewarna makanan yang bakal buat masakan Kamu makin cantik dan menarik dipandang.

Beberapa orang mengatakan bahwa "Jika makanan memiliki warna pucat, seenak apapun rasanya, ia pasti akan tetap kurang sedap dan kurang menarik untuk disantap. Makanan yang enak adalah, makanan yang warnanya cantik, rasanya lezat, aromanya sedap dan sehat." Berbicara mengenai warna makanan, kali Vemale memiliki bocoran mengenai pewarna makanan alami yang bakal bikin masakan Kamu makin cantik. Dan pewarna alami tersebut antara lain sebagai berikut.

    Merah/title]

    Agar masakan berwarna merah, Kamu bisa memanfaatkan angkak atau mahkota bunga rosela. Angkak adalah hasil fermentasi dari beras merah. Cara memanfaatkan angkat dan mahkota bunga ini sendiri sangatlah mudah kog. Seduh angkak dan mahkota bunga di dalam air panas. Biarkan air berubah menjadi warna merah. Saring air tersebut lalu gunakan sebagai pewarna makanan.

    Kuning

    Untuk warna kuning, orang-orang biasa memanfaatkan kunyit. Yap, kunyit adalah pewarna kuning alami yang punya segudang manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Kunyit juga merupakan pewarna kuning alami pada semua jenis masakan dan makanan. Cara memanfaatkan kunyit sangatlah mudah. Haluskan kunyit, tambahkan sedikit air lalu saring, buang ampasnya. Tapi hati-hati Ladies, jangan sampai noda kunyit mengenai baju Kamu. Noda kunyit sangat sulit untuk dibersihkan.

    Hitam

    Jika Kamu ingin masak masakan yang berwarna hitam, Kamu bisa memanfaatkan Kluwek atau abu merang. Kluwek biasa digunakan untuk masakan seperti rawon atau semur. Sedangkan abu merang digunakan untuk warna kue. Cara menggunakan kedua pewarna alami ini sangatlah mudah. Untuk kluwek, pecahkan biji kluwek lalu ambil isinya, campur dengan bumbu masakan. Sedangkan untuk abu merang, ambil abu merang lalu haluskan dan seduh pada air hangat. Saring lalu gunakan airnya sebagai pewarna kue.

    Hijau

    Biasanya, ibu saya menggunakan daun suji atau daun pandan untuk mewarnai makanan agar masakan atau kue beliau berwarna hijau. Kamu juga bisa memanfaatkan daun suji dan daun pandan ketika ingin dapatkan masakan berwarna hijau. Cara memanfaatkannya sangatlah mudah. Ambil daun suji atau daun pandan lalu haluskan. Jika sudah, campur dengan sedikit air, peras dan saring. Gunakan untuk membuat masakan menjadi hijau. Selain masakan memiliki warna hijau yang cantik, aroma masakan juga akan wangi dan sedap.

    Biru

    Ketika Kamu ingin masakan atau makanan Kamu berwarna biru, Kamu bisa memanfaatkan mahkota bunga telang. Bunga telang adalah salah satu pewarna alami yang sehat dan tak berbahaya. Cara memanfaatkan bunga telang sangat mudah kog. Caranya adalah, rebus beberapa bunga telang pada air mendidih sampai air berubah warna menjadi biru keungu-unguan. Jika sudah, biarkan air rebusan dingin dan saring sebelum digunakan.


Itulah beberapa pewarna alami untuk makanan. Jika Kamu punya pewarna alami lain yang sehat dan hemat, jangan lupa share dengan kita semua ya. Semoga informasi ini bermanfaat.. Terima kasih.. :)



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading