Sukses

Lifestyle

Tak Tahu Kan? Ternyata 5 Peralatan Dapur Ini Punya Waktu Kadaluwarsa

Jika Anda kira hanya buah, sayur dan makanan kemasan saja yang punya tanggal kadaluwarsa, Anda salah. Peralatan masak yang ada di dapur Anda ternyata juga punya masa pakai dan waktu kadaluwarsa lho.

Jika dipakai terus-menerus tanpa diganti sama sekali, bisa jadi peralatan masak sudah tidak layak pakai dan membahayakan kesehatan. Nah, tidak mau hal ini terjadi kan? Yuk simak apa saja benda yang punya waktu kadaluwarsa berikut ini.

    Sendok sayur kayu: Masa kadaluwarsa 5 tahun

    Sendok sayur yang terbuat dari kayu memang tampak alami, tahan panas dan tidak berbahaya, tapi sebaiknya diganti setiap 5 tahun sekali. Sendok kayu yang mudah menyerap air dan mudah berjamur jika ditaruh di tempat lembab bisa jadi sarang bakteri jika sudah dipakai lama. Jadi buang dan ganti dengan yang baru setiap 5 tahun sekali.

    Spatula Plastik: Masa kadaluwarsa 2 tahun

    Spatula untuk adonan kue ini mudah tergores dan jadi sarang bakteri jika tidak bersih. Jika terkena minyak, mentega atau krim berlemak jadi sulit dibersihkan. Jika sudah lama digunakan, biasanya elastisitas plastik pada spatula berkurang. Spatula jadi agak kaku dan tidak lentur lagi. Jadi ganti setiap 2 tahun sekali.

    Pisau buah: Masa kadaluwarsa 2 tahun

    Pisau buah yang biasa terbuat dari stainless steel ini tidak setajam pisau daging dan ketika sudah sering dipakai akan mudah tumpul. Jadi ganti setiap 2 tahun sekali, atau jika ingin mempertahankannya, selalu asah pisau seminggu sekali.

    Wajan anti lengket: Masa kadaluwarsa 2-3 tahun

    Ini tergantung pemakaian, biasanya semakin sering dipakai, wajan jadi mudah tergores dan mengelupas. Penggorengan yang sering disebut teflon ini perlu diganti setiap 2-3 tahun sekali. Jika ingin tahan lama, jangan menggosok dengan benda tajam atau menggunakan spatula saat memakai wajan ini.

    Talenan: Masa kadaluwarsa 3 tahun

    Ganti talenan setiap 3 tahun sekali. Jika Anda menggunakan talenan kayu, ganti setiap setahun sekali, apalagi jika Anda setiap hari memasak. Talenan rawan sekali tergores pisau dan menjadi sarang bakteri jika Anda memotong sayur, buah, terutama daging.

Nah, itu dia 5 peralatan masak di dapur yang perlu diganti jika sudah sering dipakai. Yuk jaga kebersihan saat memasak dengan memerhatikan masa kadaluwarsa peralatan masak di dapur Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading