Sukses

Lifestyle

Tips Aman Pakai Microwave dari Chef Arnold

Microwave, peralatan dapur ini memang sangat memudahkan proses masak memasak. Selain bisa menghangatkan makanan dengan singkat dan mudah, microwave juga bisa digunakan untuk memasak makanan. Tapi apakah selama ini Anda sudah menggunakan microwave dengan benar dan aman

Chef Arnold sebagai salah satu finalis Master Chef menjelaskan bagaimana menggunakan microwave serta hal-hal kecil yang harus Anda perhatikan. Saat menaruh makanan di dalam microwave misalnya, janganlah memakai wadah berbahan plastik, alumunium atau logam.

Foto: dok. Vemale

"Bahan ini dapat memantulkan panas sehingga masakan tidak matang secara merata. Dan bahan tersebut juga bisa merusak oven. Sementara untuk wadah plastik, harus dihindari karena plastik mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya, yang tentunya tidak aman jika tercampur pada makanan," ungkapnya saat ditemui dalam peluncuran Fiesta di Jakarta Selatan, Rabu, 26 Agustus 2015.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, sekarang ini sudah ada beberapa microwave yang pakai label 'microwave safe', baginya itu sangat aman. "Wadah kaca sih aman, asal hati-hati saat mengangkat, karena kan panas," tambah Arnold.

Selain bahan yang tidak baik dimasukkan ke dalam microwave, Arnold memberitahukan jenis sayuran yang lebih baik dimasak tanpa menggunakan alat tersebut. Kebanyakan orang tidak tahu sayuran apa saja yang tidak baik memakai microwave.

"Sayuran berklorofil seperti bayam, kangkung dan brokoli jangan masak di microwave. Karena dapat menghancurkan nutrisi pada sayuran tersebut, tapi untuk sayuran lain boleh dipanaskan, namun perhatikan juga temperaturnya. Jika warna sayur berubah jadi pudar, berarti nutrisinya sudah hilang," tutup Chef Arnold.

Nah, Ladies sudah tahu kan sekarang cara menggunakan microwave yang baik, benar, dan aman? Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

(vem/yun/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading