Sukses

Lifestyle

7 'Rambu-Rambu' Bersihkan Wajan Teflon Agar Awet

Memasak dengan menggunakan wajan teflon memang terasa sangat praktis. Kita juga tak perlu khawatir berlebihan bahan makanan yang kita masak akan lengket. Tak hanya itu, warna makanan pun bisa terlihat lebih merata dan sedap dipandang.

Hanya saja sekarang masalahnya kalau wajan teflon tak dibersihkan atau dicuci dengan benar, lapisan anti lengket pada wajan akan rusak, tergores, atau hilang. Nah, supaya wajan teflon Anda bisa lebih awet dan terawat dengan baik, yuk ikuti tips-tips dan cara aman yang paling direkomendasikan. Selengkapnya simak uraiannya di bawah ini.


1. Menggunakan Baking Soda
Campurkan baking soda dengan air dengan perbandingan 1:1, usapkan pada permukaan wajan dengan menggunakan spons atau sikat lembut berbahan non-logam. Jangan lupa untuk membersihkan bagian sisinya untuk membersihkan sisa minyak dan makanan yang menempel. Bilas dengan air kemudian keringkan.

2. Olesi dengan Minyak sayur
Pulihkan permukaan anti lengket dengan mengoleskan sedikit minyak sayur atau minyak goreng di permukaannya, kemudian lap dengan lap lembut hingga kering. Bersihkan juga sisa minyak dengan tisu atau paper towel.

3. Jangan Dicuci Saat Wajan Masih Panas
Setelah wajan baru saja selesai dipakai, dinginkan terlebih dahulu. Diamkan beberapa saat baru kemudian dicuci.

4. Jangan Direndam Terlalu Lama
Ladies, kalau mau merendam wajan teflon, jangan terlalu lama, ya. Karena kalau perendamannya terlalu lama, permukaan anti lengket bisa lebih cepat rapuh.

5. Pilih Sabun Cair
Usahakan menggunakan sabun cair saat mencuci wajan teflon Anda. Kalaupun menggunakan sabun colek atau sabun krim, encerkan dengan air terlebih dahulu. Kalau sabun yang digunakan untuk mencuci teflon bertekstur kasar, bisa-bisa lapisan anti lengketnya tergores.

6. Jangan Gunakan Dishwasher
Suhu panas dan deterjen yang digunakan saat mencuci dengan dishwasher bisa merusak lapisan anti lengket pada wajan. Jadi sebaiknya hindari penggunaan dishwasher.

7. Gunakan Sabun Secukupnya
Sabun yang digunakan untuk mencuci tak perlu terlalu berbusa atau berlebihan. Kalau detergen atau sabun yang digunakan terlalu banyak, permukaan anti lengket wajan teflon bisa cepat rusak.


Biasanya wajan atau panci anti lengket dapat bertahan hingga 5 tahun. Jika permukaannya mulai mengelupas, sebaiknya ganti wajan Anda dengan yang baru. Dan pastikan menggunakan sutil kayu atau plastik saat menggunakan wajan anti lengket agar permukaannya tidak tergores dan lebih awet, ya Ladies.
 
(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading