Sukses

Lifestyle

5 Tips Menggoreng Ikan Untuk Pemula

Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang paling bisa dikreasikan menjadi berbagai jenis masakan. Namun kebanyakan orang yang masih pemula dalam memasak, cenderung menghindari tugas menggoreng ikan.

Menggoreng ikan memang tidak selalu mudah. Ada yang takut terciprat minyak goreng yang meletup-letup, ada juga yang takut ikannya hancur, amis dan sebagainya. Menggoreng ikan memang tak semudah menggoreng tahu, tempe dan bakwan. 

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan agar tidak takut lagi dan makin jago menggoreng ikan. Cocok bagi Anda yang masih pemula dalam memasak. 

 

(vem/gil)

Menggoreng Ikan Tanpa Lengket

Menggoreng ikan apalagi yang berukuran besar dan berujung lengket di wajan, tentu terasa sangat menyebalkan. Namun Anda bisa menghindarinya dengan menerapkan beberapa cara berikut.

Pastikan wajan Anda bersih dan kering, wajan kotor biasanya lebih berpotensi membuat masakan yang digoreng jadi lengket. Bila wajan baru dicuci, biarkan dulu hingga kering, baru bisa digunakan. Menggunakan wajan anti lengket yang tak mengandung lapisan berbahaya juga bisa menjadi alternatif.

Goreng ikan dalam kondisi minyak yang panas dan ikan dalam suhu normal (bukan keluar dari kulkas dan masih beku). Hindari penggunaan bumbu gula/kecap saat menggoreng karena bumbu ini bisa membuat gorengan menjadi lengket.

Selain itu, Anda bisa menggunakan cara alami dengan daun pisang. Masukkan selembar daun pisang ke dalam wajan yang berisi minyak goreng, panaskan wajan, kemudian goreng ikan di atas daun pisang. Ikan tak akan lengket di wajan dan mudah dibalik.

Menggoreng Ikan Tanpa Meletus

Ini dia yang menjadi ketakutan banyak wanita saat menggoreng ikan, minyak yang meletup-letup memang menyakitkan dan membahayakan. Bagaimana agar bisa mengatasi masalah tersebut?

Ikan memang sering dibumbui dengan menggunakan air, sehingga ketika bersinggungan dengan minyak, maka akan terjadi letupan yang menyakitkan. Trik yang bisa Anda gunakan adalah menyetel api dengan panas sedang.

Siapkan sebuah penutup wajan, usahakan yang bening, agar Anda bisa mengontrol warna ikan goreng. Masukkan ikan ketika minyak panas, perlahan. Kebanyakan orang takut dan melemparkan ikan dari kejauhan, metode ini sangat berbahaya bagi Anda.

Bila Anda ingin membalik ikan namun takut terkena letusan, matikan dulu apinya. Setelah 5-10 detik, buka tutup wajan dan balik ikan perlahan-lahan.

Menggoreng Ikan Tanpa Amis

Ikan yang amis dan gatal akan sangat mengurangi selera dan rasa makanan. Usahakan Anda memilih ikan yang segar, membersihkan isi perutnya dan juga sisik. Beri bumbu yang mengandung kunir, jahe, garam atau merica.

Bahan-bahan ini bisa membantu Anda mengurangi amis pada ikan. Jangan biarkan ikan menunggu lama setelah dibeli dari pasar, segera masukkan ke dalam pendingin agar kuman tak membuat ikan tersebut menjadi amis dan gatal.

Menggoreng Ikan Agar Lebih Gurih

Untuk menghasilkan ikan goreng dengan hasil yang lebih gurih, Vemale menganjurkan agar Anda menggunakan bumbu-bumbu tradisional karena bumbu-bumbu ini tak akan pernah mengecewakan Anda. Bila memang tidak sempat Anda bisa menggunakan bumbu sachet yang dijual di pasaran.

Bila Anda tidak sempat memberi bumbu, Anda bisa menggunakan trik berikut. Sebelum digoreng, masukkan ikan ke dalam kocokan telur yang diberi garam dan merica. Diamkan sebentar, baru digoreng pada minyak panas.

Bisa juga dengan menambahkan tepung bumbu agar rasanya lebih renyah dan gurih. Menggunakan teknik ini juga bisa meredam letupan minyak panas.

Menggoreng Ikan Agar Tidak Hancur

Vemale menyarankan Anda menggunakan minyak yang baru dipakai. Pastikan ikan dalam keadaan tidak beku dan tidak terlalu dingin. Jangan merendam ikan terlalu lama, karena hal ini juga menyebabkan ikan kurang tahan saat digoreng.

Anda bisa menggoreng ikan dengan teknik deep fried atau menggoreng minyak dalam kondisi terbenam minyak. Hal ini bisa dilakukan di atas api sedang atau besar sehingga nanti hasilnya akan lebih rata dan cepat matang. Namun hindari api yang terlalu besar karena bisa membuat matang lebih cepat di bagian luar, sementara bagian dalam ikan belum benar-benar matang.

Bila Anda menggunakan sedikit minyak, gunakan api kecil. Teknik ini bisa membuat ikan matang dengan lebih merata dan tidak mudah hancur. Kenali jenis ikan yang Anda masak. Tidak semua ikan bisa dibolak-balik dengan sering saat dimasak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading