Sukses

Lifestyle

Penting, Ini 4 Cara Menyimpan Madu Agar Tahan Lama

Madu merupakan makanan yang tak hanya enak tetapi juga kaya manfaat. Madu juga dipercaya sebagai obat alami untuk beberapa penyakit. Bicara mengenai madu, saat membeli madu umumnya kita tak akan menghabiskan madu tersebut dalam satu hari. Terlebih lagi jika madu tersebut adalah madu murni dan bisa disimpan dalam waktu cukup lama.

Ya, madu merupakan bahan makanan yang bisa bertahan lama dan nutrisinya tak akan berubah meski disimpan di waktu lama. Asal, madu tersebut disimpan dengan cara yang tepat. Berikut adalah tips menyimpan madu agar tahan lama dan nutrisinya tidak berubah.

1. Simpan di Botol
Simpan madu di botol plastik maupun kaca kemudian tutup rapat. Madu yang disimpan di dalam botol tak hanya awet atau tahan lama tetapi juga bisa terbebas dari masalah mudah tumpah, dikerubuti semut atau tercemar debu maupun kotoran lainnya.

2. Pastikan Botol Untuk Menyimpan Madu Kering
Saat menyimpan madu, sebelum memasukkan ke dalam botol pastikan bahwa botol untuk menyimpan madu bersih dan kering. Botol yang kotor dan basah akan mempengaruhi kualitas madu. Madu yang telah tercampur dengan bahan lain juga akan rentan rusak dan nutrisinya tidak sebagus saat masih murni.

3. Simpan di Tempat Kering dan Sejuk
Pastikan untuk menyimpan madu di tempat yang kering dan sejuk. Selain bisa membuat kualitas madu tetap terjaga, menempatkan madu di tempat kering dan sejuk akan menambah ketahanannya. Madu ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Hindari menyimpan madu di bawah paparan sinar matahari langsung.

4. Jauhkan Madu dari Makanan atau Apapun yang Berbau Menyengat
Usahakan untuk menyimpan madu jauh dari bahan makanan atau apapun yang berbau menyengat. Menyimpan madu di dekat segala sesuatu yang berbau menyengat akan membuat madu tercemar bau tersebut dan aromanya tak lagi khas.

Itulah beberapa cara menyimpan madu agar tahan lama. Semoga bermanfaat. Jika kamu punya tips atau cara lain dalam menyimpan madu, jangan lupa share di kolom komentar ya?



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading