Sukses

Lifestyle

Tips Menyimpan Kemangi Tak Gampang Layu dan Tahan Seminggu

Jika beli satu ikat kemangi di pasar, terkadang dalam perjalanan pulang kemangi sudah tidak segar lagi. Kemangi sangat mudah layu jika terkena panas dan udara bebas. Oleh karena itu, kemangi sebaiknya segera diolah setelah dipetik. Terkadang jika sudah layu dan rusak, akan langsung dibuang, padahal masih banyak. Nah, kan sayang.

Meski memang daun kemangi mudah hancur dan layu, bukan berarti kemangi tak bisa disimpan dalam waktu lama. Dilansir dari Food 52, cara terbaik menyimpan kemangi agar tetap segar adalah dengan menaruhnya di dalam wadah dengan sedikit air seperti menaruh bunga dalam vas. 

Dan tahukah apa yang lebih mengejutkan? Menaruh di dalam kulkas justru jadi cara terburuk menyimpan kemangi. Jadi stop melakukannya, ladies.

Caranya:

  1. Bersihkan kemangi dari daun-daun yang rontok.
  2. Kemangi tak perlu dicuci lebih dulu, jaga daun tetap kering atau apa adanya. Karena mencuci kemangi bisa membuatnya lebih cepat busuk. 
  3. Ambil jar atau wadah kaca yang agak tinggi, kemudian isi dengan air bersih sedikit saja. Kira-kira cukup untuk bagian batang paling bawah terendam air.
  4. Masukkan kemangi dan tata seperti buket bunga dalam vas. 
  5. Letakkan di sudut ruangan yang tidak terlalu panas juga tidak terlalu gelap.

Percobaan dilakukan selama seminggu/copyright Food52.com

Selama percobaan cara inilah yang paling baik mempertahankan kondisi kemangi. Meskipun akan ada beberapa daun yang gugur, namun kemangi tetap segar. Cukup ambil beberapa ketika dibutuhkan dan cuci sebelum memakainya.

Ada banyak cara yang telah dicoba, baik memasukkan kemangi ke dalam kulkas maupun menjaganya di suhu ruangan. Dan menyimpan kemangi di suhu ruangan dengan kondisi teduh atau tidak tersinar matahari langsung adalah yang terbaik untuk menjaganya segar dalam beberapa hari. Jadi, bisa dicoba di rumah ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading