Sukses

Lifestyle

Cara Sederhana Mengeringkan dan Mengawetkan Cabai

Terkadang ketika cabai di pasar sedang murah, kita jadi ingin beli banyak cabai dan menyimpannya di kulkas. Sayangnya, meski cabai bisa disimpan di dalam lemari pendingin, namun tetap tak bisa bertahan lama. Salah satu cara agar cabai bisa bertahan lama adalah dengan cara mengeringkannya.

Mengawetkan cabai dengan cara mengeringkannya bisa dilakukan di rumah dan cukup mudah. Begini caranya.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Tali rafia atau benang
  • Ruangan dengan ventilasi bagus

Cara mengeringkan cabai/copyright growveg.com

Cara mengeringkan cabai:

  1. Pilih cabai yang segar dan bagus
  2. Jangan buang atau petik pangkal cabai
  3. Rangkai cabai dari pangkalnya dengan tali. Bisa diikat ujung-ujungnya atau dirangkai seperti menjahit. Usahakan antara cabai satu dengan lainnya tidak bertumpuk dan badan cabai berada di luar atau terkena udara.
  4. Rangkai hingga habis, kemudian ikat jadi satu. Gantungkan di langit-langit ruangan. Bisa menggunakan ruang dapur atau ruangan lain. Pastikan ventilasi bagus, tidak lembap, dara bisa keluar masuk dengan bebas dan suhu ruangan hangat. Paling tidak cahaya matahari bisa masuk sehingga tidak benar-benar gelap.

Perlahan cabai akan mengering seiring berlalunya waktu. Menggantung cabai seperti ini bisa membuat kelembapan cabai menguap sehingga kering alami. Jika sudah cukup kering, cabai bisa dipisahkan atau diurai dan dikeringkan lagi di bawah terik matahari.

Cabai yang sudah kering benar bisa disimpan di dalam toples kedap udara dan bisa bertahan di suhu ruangan dalam 3 bulan atau lebih. Dengan begini banyak cabai di rumah tak akan terbuang percuma dan bisa diolah kapan pun saat membutuhkan. Nah, tertarik mencobanya?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading