Sukses

Food

6 Tips Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket dan Hancur

Fimela.com, Jakarta Sering kali kita mendapati ikan goreng buatan kita hancur, lengket saat digoreng dan bentuknya tidak menarik lagi. Meski begitu, jangan mudah putus asa untuk membuat ikan goreng yang enak, utuh dan jauh dari kata lengket.

Sebenarnya, ada cara mudah menggoreng ikan agar tidak lengket dan hancur. Bagaimana caranya? Simak yang berikut ini.

 

 

1. Gunakan Wajan Bersih dan Minyak Baru

Pastikan untuk menggunakan wajan yang bersih dan minyak baru. Wajan yang bersih akan meminimalisir ikan lengket di wajan. Berbeda dengan wajan yang sudah digunakan sebelumnya dan masih ada sisa makanan yang menempel, ini bisa membuat ikan lengket.

2. Minyak Harus Panas

Saat memasukkan ikan ke dalam wajan, pastikan bahwa minyak telah panas. Memasukkan ikan di wajan dengan minyak yang masih dingin atau hangat sangat memungkinkan ikan jadi lengket hingga hancur. Minyak yang belum panas juga akan membuat ikan menyerap minyak terlalu banyak saat matang nanti.

3. Peras Lemon ke dalam Minyak

Usahakan untuk memeras lemon ke dalam minyak. Tak perlu banyak-banyak, peras sedikit saja. Selain bisa menurunkan risiko ikan lengket, perasan air lemon ini juga menurunkan risiko ikan meletus atau memuncratkan minyak saat digoreng.

4. Balut Ikan dengan Tepung

Agar ikan tidak lengket, setelah ikan dibumbui dan siap digoreng, balutkan tepung kering ke tubuh ikan. Ini bisa membuat ikan tidak mudah lengket. Membalut tubuh ikan dengan tepung juga akan membuat ikan goreng kering tahan lama. Ini juga membuat ikan bagian luar lebih kriuk dan enak.

5. Balik Ikan setelah Kering

Saat membalik ikan, usahakan agar membalik ikan yang bagian tubuhnya terendam minyak sudah kering. Membalik ikan saat ikan masih basah akan membuatnya rentan lengket dan hancur.

6. Gunakan Api Sedang

Api yang digunakan untuk menggoreng ikan sebaiknya memiliki suhu sedang. Dalam artian, tidak terlalu panas dan tidak terlalu hangat. Minyak dengan api yang terlalu panas bisa membuat ikan mudah gosong. Sedangkan minyak dengan api kecil, ini membuat ikan tidak cepat matang serta kering.

Itulah tips menggoreng ikan agar tidak lengket dan hancur. Selamat mencoba dan semoga tips ini bermanfaat.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading