1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS DAPUR

Cara Menyimpan Buah Anggur dalam Waktu Lama Agar Awet Segar

Sabtu, 15 September 2018 15:00 Penulis: Rohmitriasih
copyright pexels.com/Kai Chieh Chan

Vemale.com - Buah anggur merupakan salah satu buah yang digemari oleh hampir semua orang. Rasanya yang lezat dan nutrisinya yang begitu mengagumkan buat kesehatan, menjadikan buah anggur sebagai salah satu buah idola. Buah anggur juga menjadi salah satu buah kesukaan meski harganya terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan buah lainnya.

Mengenai buah anggur, buah ini bisa bertahan hingga beberapa hari dan rasanya tetap enak. Kesegaran buah anggur bahkan tidak akan berubah selama kita menyimpannya dengan cara yang tepat.

Perhatikan Kualitas Anggur
Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara tepat menyimpan buah anggur, hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah kualitas anggur. Jika kualitas anggur baik dan masih segar, meski telah disimpan dalam waktu lama buah ini akan tetap memiliki kesegaran mengesankan. Berbeda halnya dengan buah anggur yang sudah layu atau bahkan membusuk. Ini juga akan cepat membusuk dan tidak enak dikonsumsi meski telah disimpan dengan sebaik dan setepat mungkin.

Simpan Buah Anggur di Tempat Terbuka
Untuk menyimpan buah anggur, kita bisa menyimpannya langsung di ruangan terbuka yang sejuk atau memasukkan di lemari pendingin. Anggur yang disimpan di ruangan terbuka bisa bertahan kurang lebih selama 5 hari sampai 7 hari. Sedangkan anggur yang disimpan di lemari pendingin bisa bertahan hingga 2 minggu.

Anggur yang disimpan di ruangan terbuka cukup di simpan di wadah terbuka yang bersih. Pisah anggur yang masih baik dengan anggur yang sudah membusuk atau kualitasnya jelek. Jauhkan dari bahan makanan lain dengan aroma menyengat seperti bawang, ikan dan sejenisnya. Pastikan tempat menyimpan anggur ini kering dan tidak ada sedikit pun air. Anggur yang disimpan di tempat lembab akan rentan busuk.

Menyimpan Anggur di Lemari Pendingin (Kulkas)
Anggur yang disimpan di lemari pendingin sebaiknya dimasukkan ke dalam plastik kedap udara atau wadah tertutup. Langsung simpan anggur tanpa dicuci terlebih dahulu. Pisahkan anggur yang kualitasnya jelek atau busuk. Karena anggur ini akan membuat anggur lain yang masih baik atau segar rentan tertular busuk. Saat meletakkan anggur di lemari pendingin, letakkan anggur jauh dari bahan makanan lain dengan bau menyengat. Ini demi menjaga kesegaran anggur dan menurunkan risiko berubahnya rasa serta aroma anggur.

Itulah cara menyimpan buah anggur dalam waktu lama agar awet segar. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Tips Dapur
  2. Tips
  3. Buah Sehat
Apa manfaat dan Tips perawatan baby spa untuk bayi