1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS DAPUR

Agar Nasi di Rice Cooker Putih dan Tidak Mudah Basi, Begini Tipsnya!

Sabtu, 08 September 2018 12:27 Penulis: Rohmitriasih
ilustrasi copyright shutterstock.com

Vemale.com - Nasi menjadi kebutuhan pokok hampir setiap orang. Perut rasanya belum kenyang bila belum makan nasi. Bicara mengenai nasi, seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya tekhnologi yang ada, menanak nasi bisa dilakukan dengan cepat dan cara yang mudah yakni dengan memasaknya di rice cooker.

Tapi nih ya, saat kita memasak nasi di rice cooker, tidak jarang kita menemukan bahwa nasi yang kita masak mudah basi, kering dan warnanya kuning. Lalu, bagaimana caranya agar nasi yang dimasak di rice cooker jadi lebih putih, tidak mudah kering atau bahkan tidak mudah basi?

Dari beberapa pengalaman memasak sehari-hari, agar nasi yang dimasak di rice cooker warnanya lebih putih, usahakan untuk menambahkan tetesan air jeruk nipis ke dalam air untuk memasak nasi. Tidak perlu banyak-banyak, teteskan 3 sampai 5 tetes saja untuk nasi sebanyak 1/2 liter. Selain meneteskan air jeruk nipis, perhatikan proses mencuci beras. Cuci beras hingga benar-benar bersih dan air beras jadi cukup bening setelah dicuci.

Agar nasi tidak kering dan nasi tidak mudah basi, setelah nasi matang buka rice cooker dan aduk-aduk nasi di dalamnya. Selain bisa membuat nasi tidak mudah basi, mengaduk nasi pada rice cooker sesaat setelah matang juga bisa bikin nasi matang merata.

Pemilik akun facebook dengan nama Mikrajuddin Abdullah mengungkapkan jika mengaduk nasi pada rice cooker setelah matang meminimalkan risiko nasi mudah basi. Alasannya, saat nasi diaduk, ini akan membuat ruang kosong di antara butiran nasi dan membuat air di antara nasi bisa keluar bersama uap. Jika nasi tidak diaduk dan air tetap terperangkap, ini bisa meningkatkan risiko nasi mudah basi.

Nah ladies, itulah tips agar nasi yang dimasak di rice cooker putih, tidak mudah basi dan kering. Hal lain yang juga perlu diperhatikan saat memasak nasi adalah jenis beras untuk memasak. Pilih jenis beras dengan kualitas baik dan tidak mengandung pemutih atau bahan kimia lain. Beras dengan kandungan bahan kimia akan tetap mudah basi dan rasanya tidak enak meski dimasak dengan cara paling benar sekalipun.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Berkaca Pada Kasus Via Vallen Vs Jerinx, Bagaimana Aturan Cover Version?