Sukses

Lifestyle

Cara Mudah Mengolah Kikil Kambing Agar Cepat Empuk dan Tidak Bau

Tak terasa umat muslim akan sampai pada hari yang berbahagia yakni Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban. Umumnya, Hari Raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban bisa berupa sapi, kerbau, kambing maupun domba.

Mengenai Hari Raya Idul Adha, hampir semua umat muslim mendapatkan daging hewan kurban. Beberapa mungkin juga akan mendapatkan kikil atau kaki hewan kurban yakni kambing maupun sapi. Bicara mengenai kikil, ada beberapa cara mudah mengolah kikil kambing agar cepat empuk dan tidak bau.

Seperti apa caranya? Simak yang berikut ini.

Bersihkan Kikil
Pastikan untuk membersihkan kikil. Bakar bulu-bulu di kaki kambing atau kikil hingga bersih. Tapi usahakan agar tidak gosong. Setelah bulu kikil bersih, rendam kikil di dalam air hangat kurang lebih selama 30 menit. Jika masih ada bulu yang tersisa, kamu bisa membersihkannya dengan pisau.

Rebus Kikil
Rebus kikil di dalam air yang telah mendidih agar lebih cepat empuk. Jika kamu merebusnya di panci biasa, ini bisa memakan waktu selama 2 sampai 3 jam. Tapi jika kamu merebusnya dengan panci presto, kamu cukup merebusnya selama 1 jam. Tambahkan daun jeruk, jahe dan lengkuas saat merebusnya agar kikil tidak berbau. Kamu bisa menambahkan sejumput beras agar kikil lekas empuk.

Tiriskan Kikil dan Siram Hingga Bersih
Setelah merebusnya, tiriskan kikil. Jika masih terdapat bau, kamu bisa menyiramnya dengan air panas bersih kemudian menyiramnya dengan air dingin biasa. Ini dilakukan demi dapatkan kikil yang bersih lagi tak berbau.

Bumbu Untuk Masakan Kikil
Saat memasak kikil atau kaki kambing, pastikan untuk menggunakan bumbu yang masih segar. Gunakan juga rempah dengan aroma kuat agar rasa masakan kikil semakin mantap. Bumbu rempah yang bisa ditambahkan misalnya saja kunyit, jahe, lengkuas, bawang putih, daun jeruk, daun salam dan batang serai.

Hindari Memasak Kikil dengan Bagian Daging Kambing Lainnya
Sebaiknya, masa kikil secara terpisah dari bagian daging lainnya. Memasak kikil secara terpisah akan membantu kamu dapatkan masakan kikil sedap. Ini juga memudahkan kamu mengetahui seberapa empuk daging kikil secara pas.

Itulah beberapa cara mengolah kikil atau kaki kambing agar cepat empuk dan tidak bau. Cara yang sangat mudah bukan? Selamat menyambut Hari Raya Idul Adha dan semoga mendapatkan inspirasi resep masakan daging kurban yang menggugah selera.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading