Sukses

Lifestyle

Mom, Sebaiknya 5 Jenis Makanan yang Tidak Perlu Dicuci Sebelum Dimasak

Mungkin mom beranggapan jika mencuci bahan masakan akan membuatnya lebih higeinis. Sayangnya tidak semua bahan makanan perlu dicuci sebelum dimasak. Ada beberapa bahan makanan yang memang sebaiknya langsung dimasak tanpa perlu mencucinya. Mencuci bahan makanan ini justru membuat kualitasnya berkurang.

Berikut ini adalah 5 jenis makanan yang sebaiknya tidak perlu dicuci sebelum dimasak. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Daging Ayam

Alih-alih mencucinya, untuk membersihkan ayam ada baiknya mom langsung merebusnya terlebih dahulu dengan air bersih. Cara ini lebih efektif menghilangkan bakteri dan kuman jahat. Mencuci daging ayam sebelum memasaknya akan membuat bakteri jahat yang mungkin terkandung pada daging ayam akan menyebar.

2. Telur

Cangkang telur memiliki kandungan yang dapat mencegah dan melindungi telur dari bakteri jahat. Mencuci telur akan membuat lapisan tersebut hilang sehingga telur menjadi mudah terkontaminasi bakteri. Jadi ada baiknya mom menghindari mencuci telur sebelum menyimpannya.

3. Daging Sapi

Sama seperti daging ayam, untuk membersihkan kotoran pada daging sapi ada baiknya mom merebusnya sebelum membersihkannya dengan air. Selain itu daging sapi yang dicuci terlebih dahulu sebelum dimasak teksturnya akan berubah menjadi lebih keras dan tentu saja menjadi tidak nikmat rasanya.

4. Jamur

Jamur memiliki sifat yang mudah menyerap air, jadi disarankan untuk mencucinya sebelum memasaknya. Mencucinya atau merendamnya dalam air justru membuat jamur menjadi lembek dan akan hancur saat diolah.

5. Pasta

Pasta memang tidak perlu dicuci sebelum dimasak. Pasta memiliki starches alami yang berguna untuk membuat saus pasta yang kental menempel dan merasuk dengan sempurna pada olahan pasta. Mencuci pasta sebelum memasaknya akan menghilangkan starches alami tersebut, sehingga hasil olahan pasta tidak akan maksimal. Jadi pastikan mom langsung mengolahnya tanpa perlu mencucinya.

Mom, demikian 5 bahan makanan yang sebaiknya tidak perlu dicuci sebelum dimasak. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading