Sukses

Lifestyle

Bukan Cuma Dibilas Air, Ini Cara Menghilangkan Lapisan Lilin di Buah Apel

Ladies, pernah nggak kamu melihat buah apel yang tampak begitu halus dan mengkilap? Buah apel yang seperti itu bisa jadi memang masih segar. Tapi bisa juga karena ada lapisan lilinnya.

Untuk mendeteksi ada tidaknya lapisan lilin ada cara mudah yang bisa kita lakukan. Coba gores permukaannya dengan bantuan pisau, bila ada bubuk putih yang keluar itu bisa jadi adalah lapisan lilinnya. Lapisan lilin yang digunakan untuk apel dan buah-buahan lainnya umumnya masih tergolong aman. Tapi ada baiknya kita perlu menghilangkan lapisan lilin sebelum mengonsumsi buah.

Tapi dicuci atau dibilas biasa dengan air belumlah cukup. Ada sejumlah langkah yang perlu kita lakukan untuk menghilangkan lapisan lilin pada buah apel secara menyeluruh. Berikut tahap-tahap detailnya:
1. Siapkan semangkuk air hangat.
2. Tambahkan 1 sdm air perasan jeruk lemon dan 1 sdm baking soda ke dalam air.
3. Masukkan buah apel.
4. Sikat permukaan buah apel dengan dengan sikat lembut.
5. Tunggu hingga lapisan lilin meleleh.
6. Bilas dengan air keran hingga benar-benar bersih.

Dibilas air saja nggak cukup./Copyright unsplash.com/joanna kosinska

Sebenarnya buah apel memiliki lapisan lilinnya sendiri yang membantunya tetap segar dalam kurun waktu cukup lama. Tapi begitu buah apel dipetik dan dicuci, lapisan lilin alaminya ini bisa ikut hilang. Sehingga para petani menambahkan lapisan lilin baru untuk menjaga kesegarannya.

Lapisan lilin yang digunakan untuk buah bisa bermacam-macam, beberapa di antaranya adalah beeswax, shellac, carnauba wax, dan petroleum jelly yang masih tergolong aman untuk produk makanan. Namun, ada baiknya kita perlu membersihkan dan menghilangkan lapisan lilin buatan ini dari buah yang akan kita konsumsi.






(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading