Sukses

Lifestyle

Mencuci Pakaian dengan Cuka, Ini Sekian Manfaatnya

Tahukah kamu bahwa pakaian bisa dicuci dengan cuka? Terdengar agar aneh memang, bagaimana jika bau asam dan malah nggak bersih? Tidak seperti yang kamu duga, ternyata ini lho kelebihan mencuci pakaian dengan cuka apel, seperti dilansir dari hunker.com.

1. Warna baju cerah

Menambahkan setengah cangkir cuka ke dalam cucian pakaian bisa membantu mencerahkan warna pakaian dan memudarkan noda kusam di pakaian.

2.Melembutkan pakaian

Cuka bisa menjadi pengganti pelembut pakaian bahkan tanpa meninggalkan busa atau residu lain pada pakaian dan air. Jadi lebih ramah lingkungan.

3. Menghilangkan residu sabun

Residu sabun yang bisa mencemari lingkungan bisa dikurangi efeknya dengan Asam asetat dalam cuka. Sifat basa pada sabun akan dipecah oleh asam pada cuka.

Cuka bisa menjaga warna baju cerah/copyright Thinkstockphotos.com

4. Mencegah alergi pada deterjen

Jika biasanya kulit anak kecil atau bayi alergi dengan bahan kimia keras pada deterjen, hal ini bisa dicegah dengan mencuci pakaian menggunakan cuka. Residu ini dapat mengiritasi kulit sensitif bisa dihilangkan dengan menambahkan cuka pada bilasan terakhir.

5. Meminimalkan bulu-bulu hewan peliharaan

Cuka bisa membantu meminimalisasi serat pakaian yang menjebak bulu-bulu halus dari hewan peliharaan. Tambahkan setengah cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian.

6. Menjaga warna putih

Jiak biasanya warna putih akan menguning dan kusam setelah sering dipakai, jika mencuci dengan cuka justru bisa menjaga warna putihnya.

7. Menghilangkan bau

Selain membantu menghilangkan noda, mencuci baju dengan cuka juga bisa menghilangkan bau dan menjaga pakaian tak mudah bau.

Cuka membantu membersihkan mesin cuci/copyright Shutterstock.com

8. Tidak alergi pada tangan

Cuka lebih aman di kulit saat mencuci dengan tangan. Rendam pakaian selama 15 menit dengan cuka dan air hangat, lalu cuci seperti biasa.

9. Menghilangkan residu di mesin cuci

Biasanya ada sisa sabun atau busa yang menempel di mesin cuci, kerak residu yang menempel ini bisa dihilangkan dengan cuka saat mencuci baju.

Jadi, jangan ragu mencoba mencuci baju dengan cuka ladies. Karena ternyata ada banyak manfaatnya lho.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading