1. VEMALE
  2. /
  3. TIPS DAPUR

Tips Membuat Kuah Opor Tanpa Santan yang Sedap dan Rendah Kolesterol

Kamis, 14 Juni 2018 12:10 Penulis: Endah Wijayanti
Ilustrasi opor ayam./Copyright wikimedia commons/sakurai midori

Vemale.com - Opor ayam merupakan salah satu hidangan khas lebaran yang sedap. Kuah santan yang kental menjadi keistimewaan menu ini. Cuma sayangnya bagi mereka yang terkendala masalah kolesterol, opor ayam seringkali jadi menu yang dihindari.

Tapi sebenarnya kita bisa mengurangi kadar kolesterol opor ayam dengan tidak menggunakan santan. Wah, kalau tanpa santan nanti jadi hambar dong? Tenang saja, ada tips yang bisa dicoba untuk membuat kuah opor ayam yang sedap meski tidak menggunakan santan.

Menggunakan Kemiri
Gunakan kemiri untuk menciptakan kuah opor ayam yang sedap. Kemiri ini pun bisa jadi pengganti santan yang paling pas. Jadi untuk bumbu yang dihaluskan, kita bisa menggunakan bahan-bahan:
1 sdt garam
1 siung bawang putih
5 butir bawang merah
2 buah cabai rawit (bisa sesuai selera)
2 buah cabai merah besar
2 butir kemiri, disangrai
2 cm kunyit

Setelah bumbu tersebut dihaluskan bisa langsung ditumis dengan daun salam. Kemudian campurkan dalam ayam, kentang, serai, jahe, dan daun jeruk yang direbus. Rebus hingga daging ayam empuk dan air menyusut.

Menggunakan Jintan
Kalau ingin rempahnya lebih terasa, bisa menggunakan jintan sebagai salah satu bahan bumbu yang dihaluskan. Kita bisa menggunakan bumbu dengan komposisi bahan:
8 butir bawang merah
6 butir kemiri, disangrai
4 siung bawang putih
2 ruas jahe
1 sdt ketumbar
1/4 sdt jintan

Menggunakan Daging Ayam Kampung
Agar kaldunya lebih sedap, sebaiknya kita menggunakan daging ayam kampung. Nantinya cita rasanya pun akan lebih gurih dan istimewa.

Sekarang, sudah siap untuk membuat opor yang lezat untuk lebaran? Semoga tips-tips di atas bisa membantumu ya ladies.



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Kensington Palace Umumkan Kehamilan Meghan Markle