Sukses

Lifestyle

Tips Merawat dan Menyimpan Keramik Cina Setelah Digunakan di Acara Spesial

Untuk urusan perabotan makan, cukup banyak di antara Ladies dan Mom yang memiliki koleksi keramik Cina. Keramik Cina ini hanya akan digunakan saat-saat khusus, terutama saat hari raya untuk menjamu tamu-tamu istimewa.

Nah, perabotan makan istimewa, untuk tamu istimewa ini pastinya harus dijaga baik-baik dan diperlakukan dengan istimewa pula. Bagaimana caranya?

Merawat keramik Cina tak boleh sembarangan/Foto: copyright pexels.com

Membersihkan

Bersihkan keramik Cina langsung setelah makanan dan minuman habis untuk menghindarkannya dari bekas noda yang sulit dihilangkan akibat kandungan asam pada makanan atau minuman. Jika ada noda mengering, bersihkan dengan spatula karet, jangan besi atau aluminium karena bisa menggores permukaannya. Gunakan air hangat dan sabun cuci piring lembut, keringkan dengan handuk kering dan bungkus dengan kain felt sebelum disimpan

Penyimpanan

Keramik Cina biasanya jarang digunakan sehari-hari. Karenanya, biasanya kita menyimpan dengan cara ditumpuk dan dikeluarkan sekali-dua kali setahun. Namun ternyata cara ini dapat meninggalkan bekas gesekan pada permukannya.

Cara termudah adalah dengan membungkus tiap satuannya dengan kain felt lembut sebelum ditumpuk. Untuk cangkir, sebaiknya disimpan dengan cara digantung ketimbang ditumpuk meski telah dilapisi kain. Ini menghindari agar cangkir tidak 'lengket' satu sama lain dan sulit dilepas.

Selain harganya yang cukup mahal, keramik Cina punya kualitas dan motif yang unik. Oleh karena itu, hindari kemungkinan kerusakan yang timbul akibat salah cara membersihkan dan menyimpannya.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading