Sukses

Lifestyle

Awas, 4 Benda di Dapur Ini Bisa Meracuni Seisi Rumah!

Menjaga kebersihan dan keamanan seisi rumah adalah kewajiban setiap penghuni rumah. Namun bagaimana jika kemudian benda-benda di rumah ternyata berpotensi menyebar penyakit atau menimbulkan racun? Nyatanya, racun dapat muncul dari perabotan yang ada di dapur.

Seperti dikutip dari Naturallivingideas.com, Selasa (5/6/2018), berikut ini 4 benda dapur yang ternyata bisa meracuni orang seisi rumah:

Teflon punya lapisan berbahaya/copyright Shutterstock.com

1. Teflon
Teflon mungkin salah satu peralatan dapur paling umum di rumah, namun ternyata bahan anti lengket pada teflon bisa berpotensi racun. Teflon yang tidak memiliki kualitas baik mengandung zat perfluorinated (PFC). Jika sedang memasak, permukaan teflon ini akan melepaskan gas beracun. Jika permukaannya terkelupas maka lebih berbahaya lagi. Serbuk-serbuknya akan bercampur dengan makanan dan masuk ke dalam tubuh.

Makanan kaleng beracun dari kalengnya/copyright Shutterstock.com

2. Makanan kaleng
Bukan hanya mengandung pengawet makanan dan tinggi garam, makanan kaleng yang notebane adalah makanan instan juga perlu hati-hati dikonsumsi, dan harus diawasi bahkan jika masa kadaluarsanya belum habis. Karena racun dari makanan kaleng justru berasal dari kalengnya. Kaleng makanan mengandung BPA (Bisphenol-A), yaitu zat kimia sintetis yang biasa digunakan pada beragam produk. Efeknya pada tubuh seperti infertilitas pada wanita, depresi pada anak-anak, kanker payudara jantung dan lainnya.

Aluminum foil mengandung bahan berbahaya/copyright Shutterstock.com

3. Aluminum Foil
Meski memang praktis mengukus makanan dengan aluminum foil, namun nyatanya benda ini dikaitkan dengan penyakit otak degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Penelitian juga menunjukkan bahwa memasak daging dengan bahan ini bisa meningkatkan jumlah aluminium hingga 378 persen. Sayangnya, bahan kimia berbahaya ini juga ditemukan pada peralatan masak, makanan kaleng, botol air logam yang dapat digunakan kembali, garam aditif dalam campuran kue dan pancake dan lainnya.

4. Semprotan Anti Kuman

Ternyata penyemprot yang dipercaya bisa membersihkan dapur juga berpotensi racun. Menurut Asosiasi Konsumen Organik, semprotan anti kuman adalah produk paling beracun di dalam rumah. Pembersih oven misalnya, terkadang mengandung alkali (natrium hidroksida), bahan kimia yang sangat korosif yang dapat menyebabkan luka bakar pada mata dan kulit.

Jadi, jangan asal memilih bahan pembersih atau peralatan dapur ya, karena keselamatan dan kesehatan keluarga adalah yang utama.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading