Sukses

Lifestyle

Bisa Bikin Meledak, Hindari Menyimpan Benda Ini di Freezer Lemari Es

Lemari es saat ini telah menjadi tempat penyimpanan penting bagi sebagian besar keluarga. Saking pentingnya, hampir di semua rumah baik di kota maupun desa nampaknya memiliki lemari es. Tak hanya sebagai tempat menyimpan bahan masakan, lemari es juga berfungsi sebagai tempat menyimpan aneka masakan siap saji, aneka camilan hingga minuman.

Meski lemari es bisa digunakan untuk menyimpan berbagai makanan dan minuman, tidak semua makanan maupun minuman bisa disimpan di lemari es lho ya. Dilansir dari laman brilio.net, ada beberapa makanan atau minuman yang pantang disimpan di lemari es tepatnya di freezer karena ini bisa meningkatkan risiko lemari es meledak.

Apa saja makanan dan minuman tersebut? Simak yang berikut ini.

Minuman Bersoda
Minuman bersoda lebih khususnya minuman bersoda kaleng sangat disarankan agar tidak disimpan di dalam freezer. Ini karena minuman berkarbonasi tinggi ini bisa meledak di suhu yang sangat rendah.

Minuman Beralkohol
Hampir sama dengan minuman bersoda, minuman beralkohol juga bisa meningkatkan risiko lemari es meledak. Hindari menyimpan minuman beralkohol di dalam freezer. Minuman beralkohol yang belum dibuka bisa menyebabkan tekanan dari ekspansi yang ada di dalamnya. Tekanan yang berlebihan berisiko menyebabkan ledakan bahkan kebakaran.

Es Kering atau Dry Ice
Es jenis ini memang jarang ditemukan di rumah-rumah, hanya saja jika kamu memiliki es ini di rumah pastikan untuk tidak menyimpannya di freezer. Suhu rendah freezer bisa memberikan efek sublimasi pada es kering dari bentuk padat ke gas. Jika gas yang ada berlebihan, ini tentunya akan meningkatkan risiko ledakan pada lemari es.

Itulah beberapa benda yang sebaiknya tidak dimasukkan di dalam freezer lemari es. Selain benda di atas, benda lain yang juga memicu ledakan adalah benda tajam yang dimanfaatkan untuk membersihkan es dalam freezer. Kalau pun ingin membersihkan es, matikan lemari es terlebih dahulu dan biarkan es mencair kemudian kamu bisa membersihkannya dengan cara dilap atau sejenisnya.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading