Sukses

Food

6 Bahan Alami untuk Mewarnai Makanan Agar Menarik dan Tetap Sehat

Makanan yang memiliki warna cantik dan menawan tentu akan menambah selera makan. Apalagi, jika warna-warna itu begitu cerah dan mengesankan. Tak hanya menambah selera makan, tentunya ini juga menambah penampilan makanan hingga makin menarik. Tahukah kamu jika sebenarnya kamu bisa menambahkan pewarna alami di dalam makanan ini.

Dibandingkan dengan pewarna buatan, pewarna alami tentunya memiliki manfaat sehat yang lebih baik. Dilansir dari laman chefmom.sheknows.com, ada beberapa bahan alami yang bisa kita manfaat sebagai pewarna alami makanan. Bahan alami tersebut antara lain sebagai berikut.

Warna Merah

Kita bisa memanfaatkan buah bit dan buah naga untuk mendapatkan warna merah alami. Cara memanfaatkan buah bit sendiri sangat mudah, parut atau haluskan buah bit kemudian beri sedikit cuka dan gunakan sebagai bahan pewarna makanan yang hendak dibuat.

Warna Kuning

Kunyit adalah pewarna alami untuk makanan warna kuning. Parut atau haluskan kunyit, peras airnya dan campur dengan makanan yang hendak diwarnai. Untuk masakan bersantan, kunyit juga akan memberi kesan warna yang sangat cantik. Begitu juga dengan warna untuk nasi kuning.

Warna Hijau

Ada banyak daun yang bisa dimanfaatkan untuk memberi warna hijau pada makanan. Umumnya, orang akan menggunakan daun suji dan daun panda untuk memberi warna hijau pada makanan atau kue. Kamu juga bisa memanfaatkan daun bayam hijau untuk mewarnai makanan.

Warna Oranye

Wortel adalah cara hebat untuk mewarnai makanan dengan warna oranye. Caranya cukup mudah, haluskan wortel kemudian campur bersama makanan yang hendak diwarnai dengan warna oranye.

Warna Ungu

Untuk mendapatkan warna ungu, kita bisa memanfaatkan ubi ungu, kol merah atau daun bayam warna ungu. Cukup dengan menghaluskan bahan-bahan alami ini dan mencampurnya bersama bahan makanan, makanan atau masakan yang akan kita dapatkan adalah makanan warna ungu.

Warna Biru

Tidak banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan warna biru. Kubis adalah bahan alami yang bisa dimanfaatkan. Caranya adalah, potong kepala kubis kemudian tutup dengan air dan didihkan. Saring lalu tambahkan sedikit baking soda di dalamnya, kita pun akan mendapatkan bahan pewarna makanan warna biru.

Warna Hitam

Untuk mendapatkan bahan alami warna hitam, kita bisa memanfaatkan kopi bubuk hitam atau arang bubuk. Selama penggunaan arang tidak terlalu berlebih, ini tetap sehat buat kesehatan. Dengan catatan, bubuk arang harus direndam terlebih dahulu kemudian ambil air rendamannya yang warna hitam.

Itulah beberapa bahan pewarna alami makanan untuk mendapatkan makanan yang lebih cantik namun tetap sehat. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semakin bijak dalam mewarnai makanan yang hendak kita konsumsi. Jika kamu punya referensi warna lain untuk warna makanan kamu, jangan lupa share di kolom komentar ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading