Sukses

Lifestyle

5 Masalah yang Sering Bikin Saluran Cuci Piring Tersumbat

Salah satu problematika rumah tangga yang bikin para Ladies sebal tak terkira adalah saat saluran cuci piring tersumbat. Ada banyak cucian piring yang menumpuk, tapi saluran air nggak bisa mengalir dengan lancar. Menunggu suami pulang rasanya hanya bikin gemas karena pekerjaan rumah tangga tak kunjung usai.

Familiar dengan dilema tersebut? Sekarang waktunya menghindari saluran air yang tersumbat, kenali dulu penyebabnya di sini, yuk!

Nasi

Setiap kali usai makan, pasti ada satu-dua butir sisa nasi di piring. Jumlahnya memang tak seberapa, tapi kalau setiap hari kemasukan butiran nasi, pipa saluran cuci piring bisa tersumbat. Untuk mengantisipasinya, pastikan nasi sudah dibersihkan dari piring sebelum kamu memasukkannya ke dalam wastafel pencuci. Lebih baik repot sedikit daripada harus menghadapi saluran air yang tersumbat, kan?

Sisa Tulang dan Daging

Sisa tulang-tulangan, seperti duri ikan, tulang ayam, atau tulang sapi, ditambah dengan potongan-potongan daging juga bisa menjadi penyebab tersumbatnya saluran air di tempat cuci piring. Tulang yang menyangkut kemudian akan menyaring kotoran-kotoran lain sehingga menumpuk di sana.

Minyak Goreng

Pasti Ladies sering berpikir, minyak goreng harus dibuang ke mana? Terutama setelah sisa penggorengan yang membuat minyak tersebut kotor dan penuh lemak. Biasanya, kalau tak mau repot akan membuang sisa minyak goreng ini ke dalam saluran cuci piring. Karena terus menumpuk, akhirnya minyak goreng ini mengkristal dan berubah jadi bongkahan-bongkahan lemak sisa makanan.

Potongan Sayuran

Meskipun terlihat lebih lembek dibandingkan tulang atau daging, potongan-potongan sayuran juga bisa jadi masalah utama penyebab tersumbatnya saluran cuci piring, lho. Batang dan dedaunan tersebut akan menumpuk bersama sisa makanan lain dan membuat pipa jadi mampet.

Sabun

Siapa sangka, ternyata sabun pun juga bisa menjadi sumber masalah di dapur. Senyawa basa sabun membuatnya mudah bergabung dengan senyawa-senyawa lain di dalam air. Dalam jangka waktu yang lama, endapan sabun akan bertumpuk dan akhirnya menyumbat saluran cuci piring.

Apa pun penyebabnya, saluran cuci piring yang tersumbat pasti sangat menyebalkan. Kenali penyebabnya dan hindari kebiasaan tersebut, ya! Selain itu, dukung juga dengan penggunaan pipa yang tepat seperti RUCIKA yang sudah dikenal dengan produk pipa PVC dan pipa HDPE berkualitas. Ada berbagai varian pipa air RUCIKA yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Khusus untuk saluran air di rumah, pipa RUCIKA Standard adalah pilihan yang tepat. Apa saja keunggulannya?

Bahan yang digunakan RUCIKA Standard adalah uPVC yang punya banyak kelebihan dibanding material polimer lainnya. Produk ini mengandung calcium zinc (tanpa timbal), tahan terhadap korosi, kuat, dan lebih tahan lama. RUCIKA juga lebih mudah dalam proses penyambungan dan pemeliharaan. Harga pipa Rucika lebih terjangkau dan hemat anggaran rumah tangga, serta mudah didapatkan karena toko yang jual pipa PVC RUCIKA ada di mana-mana. Info selengkapnya bisa dicek di sini.

Buang masalah saluran cuci piring tersumbat dengan RUCIKA.

(adv/xpi/wri)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading