Sukses

Food

5 Tips Menyimpan Kelapa Parut agar Tahan Lama

Salah satu bahan makanan yang mudah basi adalah kelapa. Kelapa parut sangat mudah rusak bila dibiarkan di suhu ruang dalam waktu lama. Perlu perlakuan khusus agar kelapa yang sudah di parut ini tidak cepat basi.

Nah, berikut ini ada satu tips mudah yang bisa kamu ikuti agar kelapa parut bisa bertahan lama. Selain itu kamu juga bisa menyimpan parutan kelapa ini dalam jangka waktu yang lebih lama. Seperti yang dilansir dari ehow.com, berikut adalah cara menyimpan parutan kelapa agar awet.

Cara Menyimpan Kelapa Parut

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan kelapa parut agar lebih awet dan tahan lama.

1. Bekukan

Siapkan kelapa yang sudah diparut, setelah itu buat bulatan-bulatan dengan tangan. Tambahkan sedikit air apabila kelapa terlalu kering. Simpan dalam wadah yang tertutup. Masukkan ke dalam freezer. Kelapa yang sudah dibekukan ini bisa bertahan hingga 2-3 bulan lamanya. Ini juga memudahkanmu memasak dalam jumlah yang kecil.

2. Jangan Dicampur dengan Air

Intinya, jangan sampai terkontaminasi, apalagi jika terkena air, karena air kemungkinan besar akan mudah mencampurkan bakteri ke dalam kelapa parut sehingga dapat mengurangi kualitas kesegaran kelapa parut yang akan disimpan.

3. Segera Bagi-bagi

Gunakan tangan bersih untuk membagi kelapa parut menjadi beberapa porsi sama besar atau sesuai selera. Tujuan membagi-bagi kelapa parut ini adalah agar memudahkan seberapa banyak yang ingin kamu gunakan saat memasak suatu hari. Mengeluarkan dan memasukkan lagi kelapa parut yang sudah mencair karena dapat merusak kualitas kelapa parut.

4. Simpan di Plastik Tertutup

Siapkan wadah plastik yang mudah diikat atau disegel sehingga tidak tercemar dengan udara di dalam kulkas atau freezer. Pastikan plastik untuk mewadahi bisa ditutup rapat. Tata juga kelapa parut dalam bentuk pipih atau rata agar mudah ditata di dalam freezer.

Jika berencana menyimpannya di kulkas biasa, biasanya hanya bertahan sampai 4-7 hari tergantung kualitas kelapa parut. Namun jika disimpan di dalam freezer, bisa bertahan segar hingga 6 bulan.

5. Keringkan

Cara ini membuat parutan kelapa awet. Jadi, sebelum menyimpan kelapa parut keringkan dengan menggunakan dehidrator. Setelah itu simpan dalam wadah kedap udara.

Cara Memeras Kelapa Parut agar Menghasilkan Santan yang Banyak

Memeras santan ini ternyata ada trik tersendiri agar santan yang dihasilkan banyak. Rahasianya adalah pada parutan kelapa. Kelapa ternyata memiliki serat, dari serat inilah nanti saat diperas akan menghasilkan santan. Saat memarut kelapa, pastikan arah parutan bergerak memotong serat kelapa.

Parut kelapa dengan gerakan dari atas ke bawah. Jika memotong searah ruas daging kelapa, tak semua santan bisa keluar maksimal. Setelah itu baru tambahkan sedikit air matang pada parutan kelapa dan peras. Hasil santan pun akan lebih banyak.

Nah, mudah bukan? Selamat mencoba ya Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading