Sukses

Lifestyle

Bukan Hanya Makanan, 7 Benda di Rumah Ini juga Bisa Kadaluarsa

Selama ini kita memang lebih umum menggunakan kata kadaluwarsa sebagai cara menandai berapa lama makanan layak dikonsumsi, namun tidak banyak yang sadar bahwa selain makanan pun ada beberapa barang lainnya yang juga bisa mengalami masa kadaluwarsa. Dilansir dari Brightside.me, ini beberapa benda di rumah yang bisa mengalami kadaluwarsa.

1. Hidrogen Peroksida
Benda yang biasanya digunakan sebagai bahan pemutih ini ternyata punya masa kedaluwarsa. Biasanya, masa penggunaan senyawa ini bertahan hingga dua bulan apabila disimpan dalam posisi terbuka. Biasanya bahan ini ada dalam pasta gigi dan pemutih baju. Jika disimpan dan ditutup rapat, bisa bertahan hingga satu tahun.

2. Bumbu masakan
Rempah-rempah di dapur juga punya masa kadaluwarsanya sendiri. Cabai, bawang merah dan putih, ketumbar, kunyit dan lainnya sebaiknya digunakan dalam kurun waktu tertentu. Jangan disimpan terlalu lama, karena bisa membusuk, berjamur atau kering sehingga tak bisa digunakan lagi. Rempah-rempah kering maksimal bisa disimpan satu tahun dalam wadah tertutup dan sejuk.

Bumbu dapur bisa kadaluarsa/copyright Shutterstock.com

3. Sepatu Olahraga
Sepatu yang sering dipakai juga punya masa untuk diganti yang baru. Sepatu olahraga bisa dikategorikan perlu diganti jika solnya sudah menipis dan permukaannya halus. Jika sepatu sudah terlalu lentur dan berubah bentuk atau penyerapan keringatnya sudah tidak baik sehingga tidak lagi nyaman dipakai.

4. Teh
Kalau ini masih termasuk makanan, meski tidak jadi konsumsi setiap hari. Meskipun daun teh akan terus tetap kering, minuman yang satu ini juga punya masa kedaluwarsa. Masa layak konsumsi teh adalah dalam hitungan enam bulan. Jika ingin lebih lama, simpan di tempat sejuk dan kering.

Kacamata bisa kadaluarsa/copyright Shutterstock.com

5. Kacamata hitam
Jiak punya sunglasses atau kacamata untuk menangkal sinar matahari, benda ini bisa mengalami penurunan kualitas, jika tidak disimpan dengan baik, entah itu terkena debu, tergores dan terlalu lama dipakai. Disarankan agar mengganti lensa kacamata setiap dua tahun sekali untuk menghindari efek negatif pada mata.

6. Sikat Gigi
Sikat gigi lebih baik diganti setiap tiga bulan sekali. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah penumpukan bakteri di sikat gigi yang justru nantinya bisa menyebabkan penyakit. Bukan hanya itu, pasta gigi juga sebaiknya diganti apabila sudah lebih dari satu tahun. Terlebih pasta gigi yang disimpan dalam kondisi terbuka.

7. Handuk
Handuk juga punya masa kadaluwarsa, karena dipakai setiap hari, ganti handuk setelah tiga tahun. Setelah 3 tahun, biasanya daya serap handuk akan berkurang. Namun ini tergantung seberapa tebal dan berkualitas handuk yang kamu pakai. Jika bahan handuk biasa, ganti setiap 1 tahun sekali. Cuci setiap 1 bulan sekali dan jemur setelah dipakai, jangan ditumpuk.

Nah, itu dia sekian barang yang ternyata juga punya waktu kadaluwarsa namun tidak disadari banyak orang.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading