Sukses

Food

Tips Cerdas Menyimpan Sayuran Hijau Agar Tahan Lama & Tetap Segar

Sayur merupakan salah satu makanan kaya manfaat dan nutrisi yang penting buat kesehatan. Karena itu, sayur menjadi salah satu makanan penting yang harus ada di meja makan dan diolah setiap harinya. Tidak sedikit dari kita yang membeli sayur dalam jumlah banyak dan menyimpannya di lemari es agar demi menghemat dan memudahkan aktivitas belanja.

Namun sayang, menyimpan sayur di lemari es terlalu lama tidak jarang akan membuat sayuran berwarna kuning, tidak segar seperti baru dibeli dan teksturnya juga tidak seenak saat masih segar. Lalu, bagaimana tips cerdas menyimpan sayuran hijau agar tahan lama dan tetap segar? Dari pengalaman pribadi dan beberapa teman, berikut tips menyimpan sayuran hijau agar senantiasa segar.

1. Pilih Sayur Baru & Berkualitas Bagus

Saat membeli sayuran hijau, pastikan untuk membeli sayur yang masih baru dan berkualitas bagus. Umumnya, sayur yang masih bagus tampak segar seperti sayuran yang masih hidup, teksturnya cukup keras dan tidak layu.

2. Cuci Sayur Sebelum Disimpan

Setelah memastikan sayur yang kamu beli bagus, cuci sayur tersebut dengan air mengalir. Tidak perlu mencucinya berulang kali, cuci dengan dua sampai tiga kali siraman. Tiriskan sayur selama beberapa saat agar kandungan airnya berkurang. Menyimpan sayur dengan kandungan air berlebih justru membuat sayur mudah busuk.

3. Simpan Sayur di dalam Plastik

Sebelum dimasukkan ke dalam lemari es, pastikan untuk membungkus sayuran dengan plastik kedap udara. Sayur yang dibungkus di dalam plastik selain awet segar juga akan senantiasa bersih dan tidak membuat lemari es bau.

4. Susun Rapi Sayur di Lemari Es

Usahakan untuk menyimpan sayur dengan menyusunnya rapi di dalam lemari es. Satukan sayur jenis satu dengan sayur lainnya. Tempatkan sayur yang beratnya ringan di bagian paling sementara sayur atau makanan lain yang keras di bagian bawah.

Ladies, itulah tips cerdas menyimpan sayuran hijau di lemari es agar tahan lama dan tetap segar. Dengan penyimpanan ini, sayur bisa bertahan hingga satu minggu. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba. Jika kamu punya tips lain, jangan lupa buat share juga di kolom komentar ya.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading