Sukses

Food

Nggak Alot! Tips Membuat Cireng Renyah di Luar, Lembut di Dalam

0(0)

Waktu Pembuatan90 Menit
Jumlah Porsi10 porsi Porsi

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Ladies, setuju nggak kalau cireng yang paling enak itu adalah yang teksturnya renyah di luar tapi lembut di dalam? Pastinya sih yang nggak alot. Cireng yang alot apalagi keras, rasanya pun jadi kurang nikmat.Untuk membuat cireng yang renyah di luar dan lembut di dalam pun ternyata ada caranya sendiri. Nggak susah kok. Untuk selengkapnya, yuk ikuti penjelasannya di bawah ini biar bisa langsung dicoba sendiri di rumah.

1. Buat bahan biang dan masak hingga seperti lem

Ini dia kunci pentingnya. Bahan biang! Bahan-bahan:50 gram tepung sagu150 cc air biasa2 siung bawang putih, diulek/dihaluskan3/4 sdt garam1/2 sdt kaldu bubuk1/4 sdt merica bubuk1 batang daun bawang, iris halusCampurkan semua bahan tersebut di panci teflon. Lalu masak hingga teksturnya seperti lem dan warnanya transparan. Bisa dibilang keberhasilan bahan biang akan meningkatkan kesuksesan membuat cireng yang sempurna.

2. Uleni bahan biang dengan tepung tapioka dan tepung terigu

Di sini kita juga perlu menyiapkan bahan kering yang terdiri dari 150 gram tepung tapioka/sagu dan 2 sdm tepung terigu. Bahan biang yang tadi sudah dibuat kemudian langsung diuleni ke bahan kering. Uleni sampai benar-benar kalis hingga mudah dibentuk. Baru bentuk adonan jadi bulat pipih, lakukan sampai adonan habis.

3. Goreng cireng sampai sedikit kering

Gunakan minyak yang cukup banyak untuk menggoreng cireng. Goreng dengan api agak sedang sampai sedikit kering, tak perlu terlalu lama karena takutnya nanti malah akan keras. Untuk lebih mudahnya, cek apakah ketika ditekan cireng tidak kempis lagi. Kalau sudah tidak kempis lagi berarti sudah matang, jadi bisa langsung diangkat dan ditiriskan.Tidak terlalu sulit, kan? Selamat mencobanya di rumah, ya ladies. Untuk bumbunya, kita bisa menggunakan saus favorit atau bumbu rujak sesuai selera. Wah, jadi ngidam ingin makan cireng sekarang nih.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading